Buku Siswa Gambar Konstruksi Kapal Fiberglass dengan CAD SMK Kelas 11 (XI) Semester 1 Kurikulum 13

Gambar Konstruksi Kapal Fiberglass dengan CAD SMK Kelas 11

Belajar bekerja dengan CAD seperti belajar bahasa baru. Penting untuk memulai dengan alfabet dasar dan mempelajari cara menggunakannya dengan benar dan efektif dalam praktik. Ini akan membutuhkan beberapa konsep dan keterampilan baru dalam mempelajari kosakata yang berbeda. Sebagian besar sistem CAD mampu membuat model solid 3D. CAD membuat desain menggunakan objek geometris dasar, dan banyak desain yang digunakan dalam desain teknik didasarkan pada geometri planar 2D. Metode dan jumlah operasi yang diperlukan untuk mencapai desain datar dasar berbeda dari satu sistem ke sistem lainnya.

Baca juga :  Buku Siswa IPA Kelas 9 Semester 2 Revisi 2018

Untuk menggunakan sistem CAD secara efektif dan efisien, kita harus belajar bagaimana membuat objek geometris dengan cepat dan akurat. Saat belajar menggunakan sistem CAD, garis dan lingkaran adalah dua yang pertama, dan bisa dibilang yang paling penting, dua objek geometris yang harus dikuasai dalam membuat dan memodifikasi. Garis lurus dan lingkaran digunakan di hampir semua solusi teknis. Saat mempelajari jenis-jenis benda geometris planar, pentingnya garis dan lingkaran menjadi jelas. Segitiga dan poligon adalah bentuk datar yang dipisahkan oleh garis lurus. Elips dan splines dapat dibuat dengan menghubungkan busur dari radius yang berbeda. Salah satu keuntungan dari pengalaman membuat garis dan lingkaran adalah prosedur yang sama dapat digunakan untuk membuat objek geometris lainnya. Bab ini membahas berbagai cara membuat garis dan lingkaran di AutoCAD 2014. 

CAD adalah singkatan dari Computer Aided Design, yaitu software khusus untuk membuat gambar teknik seperti gambar arsitektural, mekanikal atau elektrikal, dan bahkan gambar umum seperti gambar kapal. AutoCAD sendiri merupakan produk Autodesk yang dijual dengan harga yang cenderung sangat tinggi karena selain banyak kegunaan dan fungsinya, juga merupakan software Symbian yang memiliki lingkungan dan dapat dihubungkan dengan software lain seperti Autodesk Inventor, Solidwork, Solid edge, Catia, dll.

Autodesk AutoCAD memiliki kemampuan untuk membuat gambar dengan tingkat akurasi dan skala yang diinginkan sesuai dengan rencana desain, yang dapat dipublikasikan sebagai sketsa, Anda juga dapat mengilustrasikan dan banyak hal lagi yang bisa dilakukan. Keunggulan lainnya adalah dengan software AutoCAD kita bisa langsung mengaplikasikan pengoperasian mesin tertentu, seperti mesin bordir, furniture, permesinan, milling, boring, mesin milling, dll. Proses menggambar dengan menggunakan AutoCAD sangat sederhana. Lebih sederhana dan menghemat lebih banyak waktu jika operator / drafter AutoCAD terlatih dengan baik dan tahu cara menggambar dengan benar dengan perangkat lunak AutoCAD. 

Baca juga : Buku Siswa IPA Kelas 9 Semester 1 Revisi 2018

Software AutoCAD juga dapat mengubah jenis gambar dari gambar 2D ke 3D, begitu juga sebaliknya, AutoCAD dapat mengubah gambar dari 3D ke 2D sehingga dapat dengan mudah memahaminya. Memang AutoCAD bukan tanpa kekurangannya, pasti ada kelemahannya dibanding program menggambar lainnya. Namun pada dasarnya apapun software tersebut, tingkat kreatifitas user itu sendiri sangatlah penting, semakin kreatif kita menjalankan software AutoCAD maka semakin terjamin kita akan semakin profesional dan berpengalaman. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa software AutoCAD sangat ideal untuk para pelaku industri dan bisnis seperti produsen pakaian jadi dan bordir, semua jenis kontraktor (kelistrikan, konstruksi, otomotif, mekanik) dan perusahaan perkapalan untuk perusahaan manufaktur besar, jika pekerjaannya melibatkan banyak gambar teknis. “Jadi, perbedaan mendasar antara AutoCAD, Photoshop dan Corel adalah tingkat presisi dan akurasi subjeknya.

Implementasi kurikulum 2013 mengacu pada paradigma pembelajaran kurikulum abad 21 yang memungkinkan terjadinya perubahan dari proses belajar mengajar, dari pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran Pasif (Passive Learning) dengan Active Learning (CBSA) atau Student Active Learning - SAL. Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas tersusunnya buku teks ini, dengan harapan dapat digunakan sebagai buku teks bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) profesional di bidang keahlian teknologi dan teknik, pembuatan kapal dan teknik perkapalan. 

Berdasarkan kebutuhan pembelajaran kurikulum abad 21, maka kurikulum 2013 didasarkan pada tuntutan model belajar mengajar pembuatan kapal fiberglass dengan CAD Disson, model pembelajaran yang didasarkan pada peningkatan keterampilan. Penyajian Buku Ajar Gambar Konstruksi Kapal Fiberglass dengan CAD SMK Kelas 11 (XI) Semester 1 sangat memperhatikan unsur-unsur penting dalam pembelajaran kurikulum 13. Semoga siswa dapat melakukan investigasi ilmiah (aplikasi saintifik), dapat melakukan proses memperoleh pengetahuan tentang mata pelajaran melalui berbagai kegiatan proses ilmiah. Jadi siswa diarahkan untuk menemukan berbagai hal untuk dirinya sendiri, membangun konsep, dan menetapkan nilai-nilai baru secara mandiri. 

Baca juga : Buku Guru IPA Kelas 9 Revisi 2018

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Profesional Sekolah Menengah Atas, dan Direktorat Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Staf Pendidikan mengucapkan terima kasih dan mengucapkan selamat kepada semua pihak yang terlibat dalam membantu siswa menyelesaikan buku Gambar Konstruksi Kapal Fiberglass dengan CAD SMK Kelas 11. Kami berharap pembuatan kapal fiberglass dengan CAD SMK Kelas XI / Semester 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi anak didik dan guru. 

 

Klik disini untuk download

Atau baca langsung disini 

Belum ada Komentar untuk "Buku Siswa Gambar Konstruksi Kapal Fiberglass dengan CAD SMK Kelas 11 (XI) Semester 1 Kurikulum 13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel