Buku Siswa IPA Kelas 9 Semester 1 Revisi 2018

Buku Siswa IPA Kelas 9 Semester 1 Revisi 2018
 
Pernahkah Anda melihat hewan bergerak mencari mangsa? Rasanya hewan itu sudah tahu arah gerakannya kan? Tahukah Anda bagaimana hewan mencari makanan? Salah satu cara hewan mencari mangsa adalah dengan menggunakan prinsip kemagnetan. Jika selama ini Anda selalu mengetahui fungsi magnet hanya untuk barang disekitar anda, ternyata magnet juga terdapat di tubuh makhluk hidup sebagai alat navigasi. Penggunaan magnet dan sifat kemagnetannya pada hewan atau manusia dikenal sebagai biomagnetisme. Mari kita lihat bab ini dengan antusias! 
 
Setiap wilayah di belahan bumi mengalami fluktuasi musiman. Masih ingatkah Anda apa yang menyebabkan musim dan dampaknya terhadap kehidupan di Bumi? Pergantian musim di Bumi mempengaruhi kehidupan makhluk hidup, termasuk hewan. Ada banyak hewan yang hidup di darat, air, dan udara dan berpindah tempat selama musim tertentu agar tetap hidup. Pindah dikenal sebagai migrasi. Hewan bermigrasi sepanjang waktu setiap tahun. Beberapa hewan yang sering bermigrasi adalah burung, salmon dan paus. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana hewan bermigrasi? Mengapa hewan tidak hilang atau tersesat selama migrasi? Padahal, hewan tersebut tidak memiliki navigator atau sistem penentuan posisi global (GPS) yang digunakan masyarakat saat ini untuk menentukan lokasi dan arah mereka ke tempat tujuan. Tuhan Yang Maha Esa, meskipun hewan tersebut tidak memiliki GPS, namun dilengkapi dengan perangkat navigasi khusus yang dapat bertindak seperti GPS dengan menggunakan medan magnet bumi. Anda ingin tahu, bukan? Jadi mari jelajahi hal-hal ini dengan antusias!
 
Medan magnet bumi sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di bumi. Medan magnet bumi adalah daerah di sekitar bumi yang masih dalam pengaruh gaya gravitasi bumi. Sejumlah besar hewan menggunakan medan magnet bumi untuk bertahan hidup. Medan magnet bumi dapat bekerja dengan batang magnet yang ditempatkan di sekitar permukaan bumi. Tahukah Anda mengapa kutub selatan magnet ada di utara bumi dan kutub utara magnet ada di selatan bumi? Cobalah untuk menemukan jawabannya dengan membaca kembali Buku Siswa Kelas 7! Hewan dapat mendeteksi medan magnet bumi karena terdapat magnet di dalam tubuh hewan tersebut. Fenomena ini disebut biomagnetisme. Selain itu, medan magnet bumi dapat membantu hewan menentukan arah migrasi, sehingga lebih mudah untuk mencari mangsa atau menghindari musuh. Tahukah Anda hewan apa yang berubah dengan medan magnet bumi? Mari ulas bagian ini dengan antusias!
 

Atau baca langsung di bawah ini 

Belum ada Komentar untuk "Buku Siswa IPA Kelas 9 Semester 1 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel