Buku Siswa IPA Kelas 9 Semester 2 Revisi 2018

Banyak spesies burung, seperti elang dan burung layang-layang, bermigrasi pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Burung tersebut menggunakan partikel magnet di tubuhnya untuk membuat peta navigasi menggunakan medan magnet bumi.

Medan magnet bumi juga digunakan oleh merpati. Pada zaman dahulu, merpati sering digunakan sebagai kurir pos. Bagaimana merpati tahu jalan pulang? Ternyata merpati menggunakan medan magnet bumi untuk pulang. Hal ini dibuktikan dalam studi tahun 1974 oleh Komel di mana magnet dipasang ke kepala merpati. Ternyata kemudian, ketika alat itu menempel di kepalanya, merpati itu tiba-tiba tersesat dan tidak tahu jalan pulang. Mengapa menempelkan magnet ke kepala burung menyebabkan burung tersesat? Diskusikan dengan teman-teman Anda atau temukan jawaban dari berbagai sumber!

Baca juga : Buku Guru IPA Kelas 9 Revisi 2018

Apa kamu tahu ikan salmon? Salmon adalah ikan yang ditemukan di Samudra Atlantik dan Pasifik. Salmon adalah ikan yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon memiliki kemampuan untuk kembali ke sungai air tawar, tempat mereka menetas dan tumbuh, berenang ribuan mil melintasi lautan. Studi tersebut menunjukkan bahwa salmon yang melewati Sungai Fraser di Kanada dapat kembali ke Sungai Fraser setelah dua tahun migrasi di Samudra Pasifik. Ini karena Sungai Fraser memiliki medan magnet tertentu yang dapat dideteksi oleh salmon.

Klik disini untuk mendownload

Atau baca langsung dibawah ini

Belum ada Komentar untuk "Buku Siswa IPA Kelas 9 Semester 2 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel