Buku Siswa Engine Management System (EMS) SMK Kelas 11 (XI) Semester 1 Kurikulum 13

Buku Siswa Engine Management System (EMS) SMK Kelas 11 Semester 1 Kurikulum 13

Buku Ajar Engine Management System (EMS) SMK Kelas 11 Semester 1 merupakan buku pegangan siswa untuk kompetensi keahlian program Teknik Elektronika dalam paket keahlian Teknik Otomotif. Buku ini adalah buku tentang Sistem Manajemen Mesin. Secara umum mata pelajaran sistem manajemen mesin terdiri dari 4 bagian yaitu: EMS 1, EMS 2, EMS 3 dan EMS 4. EMS 1 membahas tentang: Pengenalan sistem mesin pada industri otomotif, EMS 2 meliputi: Pengendalian Injeksi, EMS 3 membahas: sistem kontrol pengapian elektronik, sistem kontrol katup, dan sistem kontrol emisi, EMS 4 membahas: sistem kontrol diesel elektronik, sistem kontrol kecepatan otomatis, dan sistem diagnostik on-board (sistem diagnostik on-board). Dari 4 bagian tersebut umumnya satu kesatuan yang lengkap atau sebagian diaplikasikan pada kendaraan bermotor khususnya penerapan teknologi motor pintar.

Baca juga : Buku Animasi 2D SMK Kelas 12 Semester 1

Materi Pengantar Sistem Mesin Otomotif memberikan pengetahuan awal tentang sistem mesin pada kendaraan bermotor sebagai sarana pemberian pengetahuan awal sebelum menggunakan sistem kendali mesin yang menggunakan sistem kendali elektronik. Materi ini disampaikan di kelas XI semester 1.

Buku Siswa Engine Management System (EMS) SMK ini muncul dengan menjelaskan pengetahuan dasar tentang mesin mobil. Agar siswa dapat belajar secara mandiri dan tuntas, perlu diperhatikan bahwa isi buku ini pada setiap kegiatan pembelajaran biasanya meliputi: deskripsi materi, ringkasan, tugas, tes formatif, formulir respon, tes formatif dan LKS, sehingga diharapkan siswa dapat pembelajaran mandiri (pembelajaran individu) dan penguasaan (pembelajaran penuh) dapat dicapai.

Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rampungnya buku ajar ini, semoga dapat digunakan sebagai buku ajar bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Kajian Keahlian Otomatis, Penerapan Sistem Manajemen Mesin (EMS) Kurikulum 2013 mengacu pada paradigma pembelajaran abad 21 yang menyebabkan adanya perubahan yaitu dari teaching menjadi LEARNING, dari Teacher Centered Learning menjadi Student Centered Learning, dari passive learning menjadi active learning. pembelajaran siswa aktif (CBSA) atau Student Active Learning-SAL. Buku pedoman "Engine Management System (EMS)" disusun berdasarkan persyaratan paradigma pembelajaran kurikulum 2013, yang diselaraskan dengan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran kurikulum abad ke-21 yaitu pendekatan pembelajaran yang didasarkan pada peningkatan keterampilan proses ilmiah. 

Baca juga : Buku Agroforestry SMK Kelas 12 Semester 5

Penyajian buku Engine Management System (EMS) dirancang dengan tujuan agar siswa dapat melakukan proses pencarian pengetahuan pada mata kuliah tersebut melalui berbagai kegiatan proses ilmiah yang dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan percobaan ilmiah (penerapan saintifik), sehingga siswa diarahkan untuk menemukan berbagai fakta untuk dirinya sendiri, mengembangkan konsep dan nilai-nilai baru secara mandiri. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pengajar menyampaikan terima kasih serta saran kritik atas kesempurnaan buku ajar ini dan apresiasi kepada semua pihak yang berkontribusi terhadap pelaksanaannya. Buku teks siswa mata pelajaran Sistem Manajemen Mesin (EMS) Kelas XI / Semester 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

 

Klik disini untuk download

Atau baca langsung dibawah ini 

Belum ada Komentar untuk "Buku Siswa Engine Management System (EMS) SMK Kelas 11 (XI) Semester 1 Kurikulum 13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel