Buku Siswa Agroforestry SMK Kelas 12 (XII) - Semester 5 - Kurikulum 2013

Buku Siswa Agroforestry SMK Kelas (12) XII - Semester 5 - Kurikulum 2013

Transformasi hutan alam menjadi lahan pertanian menghadapi banyak tantangan, seperti berkurangnya kesuburan tanah, erosi, hilangnya flora dan fauna, banjir, kekeringan bahkan perubahan lingkungan. Secara global, masalah ini semakin parah karena kawasan hutan dialihfungsikan menjadi bisnis lain. Kejadian ini dipicu oleh upaya pemenuhan kebutuhan pangan di seluruh dunia yang disebabkan oleh pertambahan jumlah penduduk.

Di tengah perkembangan tersebut, lahirlah wanatani - cabang ilmu baru di bidang pertanian dan kehutanan yang berupaya memadukan unsur tumbuhan dan pohon. Ilmu ini berupaya untuk mendefinisikan dan mengembangkan sistem wanatani yang telah dipraktikkan oleh petani selama berabad-abad. Agroforestry disebut agroforestri dalam bahasa Indonesia.

Baca juga : Buku Siswa IPA Kelas 9 Semester 2 Revisi 2018

Jadi, sistem agroforestri adalah sistem wanatani. Agroforestri merupakan salah satu bentuk pengelolaan sumberdaya yang menggabungkan kehutanan atau pengelolaan hutan dengan penanaman tanaman jangka pendek seperti tanaman pertanian. Model wanatani berkisar wanatani sederhana, berupa kombinasi penanaman pohon dengan satu atau dua jenis komoditas pertanian, hingga wanatani terintegrasi, memadukan pengelolaan berbagai jenis pohon dengan berbagai jenis tanaman bahkan peternakan atau perikanan.

Agroforestri merupakan istilah baru dari praktik penggunaan lahan tradisional (agroforestri) yang mencakup unsur-unsur sebagai berikut:

  1. Tata guna lahan atau sistem tata guna lahan oleh manusia.
  2. Penerapan teknologi.
  3. Komponen tanaman semusim, tanaman tahunan dan / atau ternak atau hewan.
  4. Waktu bisa bersamaan atau bergantian dalam jangka waktu tertentu.
  5. Adanya interaksi lingkungan, sosial, ekonomi.

Perluasan agroforestri diharapkan dapat memberikan manfaat selain mencegah perluasan lahan terdegradasi, melestarikan sumber daya hutan dan meningkatkan kualitas pertanian, serta meningkatkan intensifikasi dan diversifikasi hutan.

 

Klik disini untuk mendownload

Atau baca langsung dibawah ini

Belum ada Komentar untuk "Buku Siswa Agroforestry SMK Kelas 12 (XII) - Semester 5 - Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel