5 Tips Merintis Usaha Online dari Bawah atau dari Nol

Merintis bisnis online

Merasa bahwa gaji bulanan anda dari hasil kerja tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari? Bahkan terkadang kamu harus pinjam kepada saudara atau kerabat untuk segala keperluan hidup keluarga?

Jika Anda merasakan hal ini setiap bulan, itu tandanya Anda membutuhkan tambahan penghasilan.

Pertanyaan selanjutnya adalah: perusahaan atau bisnis apa yang dapat Anda jadikan pekerjaan paruh waktu dari pekerjaan utama Anda? Sebenarnya ada banyak ide bisnis di luar sana, namun salah satunya cukup realistis yaitu  memulai bisnis online.

Baca juga : Definisi & Sejarah Lahirnya Bisnis Waralaba (Franchise) di Indonesia

Mengapa? Karena Anda bisa menjalankan bisnis online Anda di mana saja, kapan saja. Ini bisa dilakukan selagi Anda santai, duduk di rumah, atau sedang liburan. Inilah kenapa disini saya berikan tips dan cara memulai bisnis online dari nol.

1. Cari ide dari saudara atau sahabat anda

Langkah pertama sebelum memulai bisnis online, ada baiknya untuk meneliti produk apa yang dicari orang saat ini. Bisa jadi trend atau produk yang selalu dibutuhkan banyak orang.

Anda bisa meminta pendapat saat bertemu dengan teman atau keluarga. Simak apa yang sering mereka katakan tentang produk yang sedang diminati masyarakat.

Cari tahu di mana Anda dapat menemukan produk yang diinginkan ini. Termasuk pemasok yang dapat menawarkan harga terendah.

Anda perlu memahami kebutuhan audiens Anda pada tahap awal ini. Ingatlah bahwa produk untuk dijual adalah apa yang dibutuhkan banyak orang. Bukan semata-mata karena anda menyukai produk itu. Anda harus mengetahui kebutuhan pasar sebelum memulai bisnis online.

2. Tentukan produk yang ingin anda jual

Anda bisa sedikit melakukan riset online dengan mencari kata kunci yang permintaan produknya tinggi (biasanya disebut riset kata kunci). Semakin banyak orang mencari, semakin banyak produk yang membutuhkannya.

Tapi ingat, persaingan untuk menjualnya sangat ketat. Karena pasti banyak orang yang berpikiran sama. Oleh karena itu, pikirkan baik-baik tentang produk yang Anda jual sebagai sarana untuk menambah penghasilan Anda.

Untuk ini, Anda hanya dapat memilih dua jenis produk. Yang pertama adalah produk yang lagi tren. Yang kedua adalah produk jangka panjang, tidak pernah ketinggalan zaman dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Selama harga yang ditawarkan cukup bersaing, pasti akan ada pembeli untuk produk itu.

Baca juga : Bank Mandiri Beri Pinjaman Tanpa Agunan bagi UKM

3. Siapkan sistem untuk bisnis anda.


Beruntung bagi Anda yang hidup di era digital seperti sekarang. Dunia digital atau online membuat hidup lebih mudah. Termasuk pembelian produk untuk dijual kembali untuk penghasilan tambahan.

Salah satu sistem penjualan yang banyak digunakan perusahaan online saat memulai bisnisnya hari ini adalah menjadi dropshiper. Sistem ini perlu stok produk. Biarkan penjual yang melakukannya.

Yang harus Anda lakukan adalah mencari pembeli, pengiriman barang menjadi urusan distributor. Namun, Anda perlu berhati-hati saat memilih perusahaan, pastikan mereka kredibilitas yang tinggi. Jangan sampai Anda mendapat banyak keluhan tentang kualitas produk yang tidak sesuai dengan yang Anda janjikan.

4. Bikin website untuk bisnis anda

Saat ini semua kebutuhan sudah ada atau bisa dibeli secara online, tiap orang bisa memanfatkan teknologi berbasis online untuk melakukan jual beli.

Untuk melakukan ini, Anda perlu mulai membangun situs web yang akan menjadi toko Anda di dunia online. Situs web adalah jantung bisnis online. Ini juga merupakan tempat untuk menyimpan data pelanggan yang benar-benar Anda butuhkan di masa yang akan datang.

Jika Anda memiliki website, ada banyak pilihan produk yang bisa Anda jual kepada calon pembeli. Juga termasuk dimana pelanggan bisa mendapatkan informasi lebih detail tentang produk yang diinginkan.

Memanfaatkan sosial media untuk bisnis

 

5. Manfaatkan jejaring sosial.


Setelah situs Anda aktif dan berjalan di dunia maya, saatnya mendistribusikannya. Betapapun bagus dan hebatnya situs Anda, jika tidak banyak orang mengetahuinya, berarti tidak bermanfaat.

Hari ini adalah era media sosial. Anda dapat menawarkan produk anda melalui media sosial secara gratis. Media sosial menjadi pilihan utama sebagai media periklanan saat memulai bisnis online.

Baca juga : 8 Tips & Cara Sukses Merintis Bisnis UKM

Buat akun dengan nama toko online atau situs web Anda. Tidak hanya dalam satu jejaring sosial, tetapi dalam banyak sosial media. Ada banyak sosial media seperti twitter, fb, youtube, instagram, pinterest dll.

Disamping akun bisnis di sosial media, anda juga perlu membuat akun pribadi, hal ini dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada anda dan juga bisnis anda.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Merintis Usaha Online dari Bawah atau dari Nol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel