Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumbuh Kembang Anak Usia 1 dan 2 Tahun, Konsep dan Fase Perkembangan


Pengertian Fase-fase Tumbuh Kembang


Tahap tahap perkembangan manusia memiliki fase yang cukup panjang. Untuk tujuan pengorganisasian dan pemahaman, kita umumnya menggambarkan perkembangan dalam pengertian periode atau fase perkembangan.

Klasifikasi periode perkembangan yang paling luas digunakan meliputi urutan sebagai berikut: Periode pra kelahiran, masa bayi, masa awal anak anak, masa pertengahan dan akhir anak anak, masa remaja, masa awal dewasa, masa pertengahan dewasa dan masa akhir dewasa.

Baca juga : Perkembangan Sosial pada Masa Sekolah dan Prasekolah dan Implikasi dalam Pendidikan  

Perkiraan rata rata rentang usia menurut periode berikut ini memberi suatu gagasan umum kapan suatu periode mulai dan berakhir. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai pada setiap periode tahap tahap perkembangan manusia dalam buku Life-Span Development oleh John Santrock:

1. Periode prakelahiran (prenatal period) ialah saat dari pembuahan hingga kelahiran. Periode ini merupakan masa pertumbuhan yang luar biasa dari satu sel tunggal hingga menjadi organisme yang sempurna dengan kemampuan otak dan perilaku, yang dihasilkan kira kira dalam periode 9 bulan.

2. Masa bayi (infacy) ialah periode perkembangan yang merentang dari kelahiran hingga 18 atau 24 bulan. Masa bayi adalah masa yang sangat bergantung pada orang dewasa. Banyak kegiatan psikologis yang terjadi hanya sebagai permulaan seperti bahasa, pemikiran simbolis, koordinasi sensorimotor, dan belajar sosial.

3. Masa awal anak anak (early chidhood) yaitu periode pekembangan yang merentang dari masa bayi hingga usia lima atau enam tahun, periode ini biasanya disebut dengan periode prasekolah. Selama masa ini, anak anak kecil belajar semakin mandiri dan menjaga diri mereka sendiri, mengembangkan keterampilan kesiapan bersekolah (mengikuti perintah, mengidentifikasi huruf), dan meluangkan waktu berjam jam untuk bermain dengan teman teman sebaya. Jika telah memasuki kelas satu sekolah dasar, maka secara umum mengakhiri masa awal anak anak.

4. Masa pertengahan dan akhir anak anak (middle and late childhood) ialah periode perkembangan yang merentang dari usia kira kira enam hingga sebelas tahun, yang kira kira setara dengan tahun tahun sekolah dasar, periode ini biasanya disebut dengan tahun tahun sekolah dasar. Keterampilan keterampilan fundamental seperti membaca, menulis, dan berhitung telah dikuasai. Anak secara formal berhubungan dengan dunia yang lebih luas dan kebudayaan. Prestasi menjadi tema yang lebih sentral dari dunia anak dan pengendalian diri mulai meningkat.

5. Masa remaja (adolescence) ialah suatu periode transisi dari masa awal anak anak hingga masa awal dewasa, yang dimasuki pada usia kira kira 10 hingga 12 tahun dan berakhir pada usia 18 tahun hingga 22 tahun. Masa remaja bermula pada perubahan fisik yang cepat, pertambahan berat dan tinggi badan yang dramatis, perubahan bentuk tubuh, dan perkembangan karakteristik seksual seperti pembesaran buah dada, perkembangan pinggang dan kumis, dan dalamnya suara. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas sangat menonjol (pemikiran semakin logis, abstrak, dan idealistis) dan semakin banyak menghabiskan waktu di luar keluarga.

6. Masa awal dewasa (early adulthood) ialah periode perkembangan yang bermula pada akhir usia belasan tahun atau awal usia duapuluhan tahun dan yang berakhir pada usia tugapuluhan tahun. Ini adalah masa pembentukan kemandirian pribadi dan ekonomi, masa perkembangan karir, dan bagi banyak orang, masa pemilihan pasangan, belajar hidup dengan seseorang secara akrab, memulai keluarga, dan mengasuh anak anak.

Masa pertengahan dewasa (middle adulthood) ialah periode perkembangan yang bermula pada usia kira kira 35 hingga 45 tahun dan merentang hingga usia enampuluhan tahun. Ini adalah masa untuk memperluas keterlibatan dan tanggung jawab pribadi dan sosial seperti membantu generasi berikutnya menjadi individu yang berkompeten, dewasa dan mencapai serta mempertahankan kepuasan dalam berkarir.

7. Masa akhir dewasa (late adulthood) ialah periode perkembangan yang bermula pada usia enampuluhan atau tujuh puluh tahun dan berakhir pada kematian. Ini adalah masa penyesuaian diri atas berkurangnya kekuatan dan kesehatan, menatap kembali kehidupannya, pensiun, dan penyesuaian diri dengan peran peran sosial baru.

Prinsip dan Teori Tumbuh Kembang


Prinsip-prinsip Tumbuh Kembang Anak

Proses tumbuh kembang anak juga mempunyai prinsip-prinsip yang saling berkaitan. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut:
  • Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar. Kematangan merupakan proses intrinsik yang terjadi dengan sendirinya, sesuai dengan potensi yang ada pada individu. Belajar merupakan perkembangan yang berasal dari latihan dan usaha. Melalui belajar, anak memperoleh kemampuan menggunakan sumber yang diwariskan dan potensi yang dimiliki anak.
  • Pola perkembangan dapat diramalkan.
Terdapat persamaan pola perkembangan bagi semua anak. Dengan demikian perkembangan seorang anak dapat diramalkan. Perkembangan berlangsung dari tahapan umum ke tahapan spesifik, dan terjadi berkesinambungan.

Baca juga : Perkembangan Sosial pada Masa Bayi, Implikasi pada Pendidikan dan Reaksi terhadap Orang Lain  

Konsep Tumbuh Kembang


Sebagai pemberi pelayanan keperawatan, perawat memeberikan pelayanan dari mulai manusia sebelum lahir sampai dengan meninggal, dalam merawat kasus yang samapun tindakan yang diberikan akan sangat berdeda karena setiap orang adalah unik, sehingga seorang perawat dituntut untuk mengerti proses tumbuh kembang.

Tumbuh kembang merupakan hasil dari 2 faktor yang berinteraksi yaitu

1. faktor herediter

2. faktor lingkungan.

Manusia dalam tumbuh dan berkembang dipengaruhi oleh kondisi:

1. fisik

2. kogniti

3. psikologis

4. moral

5. spiritual

Tumbuh kembang merupakan proses yang dinamis dan terus menerus.

Prinsip tumbuh kembang

1. tumbuh kembang terus menerus dan komplek

2. tumbuh kembang merupakan proses yang teratur dan dapat diprediksi

3. tumbuh kembang berbeda dan terintegrasi

4. setiap aspek tumbuh kembang berbeda dalah setiap tahapnya dan dapat dimodifikasi

5. tahapan tumbang spesifik untuk setiap orang

Prinsip Perkembangan dari Kozier dan Erb

1. manusia tumbuh secara terus menerus

2. manusia mengikuti bentuk yang sama dalam pertumbuhan dan perkembangan

3. manusia berkembang menyebabkan dia mendapatkan proses pembelajaran dan kematangan

4. masing-masing tahapan perkembangan memiki karakteristik tertentu

5. selama bayi (infancy) dan balita merupakan saat pembentukan perilaku, gaya hidup, dan bentuk pertumbuhan.

Tumbuh kembang adalah Orderly (tertib) dan sequential tetapi juga terus menerus dan komplek.

1. Setiap orang memiliki pengalam yang sama bentuknya

2. Setiap bentuk dan tingkat perkembangan adalah khas

Tumbuh kembang memiliki pola teratur dan dapat diprediksi;

1. Cephalocaudal (head to tail)

2. Proximaldistal

3. Symetrical



Tumbuh kembang berbeda dan terintegrasi

Contoh syaraf tumbuh khas atau berbeda karena berespon terhadap rangsangan yang berbeda.

Perbedaan aspek dalam tumbuh kembang terjadi karena beda tahap, jumlah dan dapat dimodifikasi.
  1. tulang tumbuh cepat pada tahun pertama, selama tahun sebelum sekolah pertumbuhan tulang melambat
  2. bicara berkembang cepat pada usia 3 – 5 tahun
Tahapan tumbuh kembang spesifik untuk setiap orang. Keterampilan dan kematangan fisik dan psikologis berbeda dan khusus dari setiap orang

Baca juga : Pengertian dan Teori Perkembangan Sosial Menurut Para Ahli 

Teori tumbuh kembang


1. Psychoanalisa dari Sigmund Freud

2. Psichososial dari Erik Erikson

3. Perkembangan Kognitif dari Jean Piaget

4. Perkembangan Moral dari Lawrence Kohlberg dan Carol Gilligan

5. Perkembangan kepercayaan dari James Fowler

Prinsip-prinsip dasar tumbuh kembang

1.Teratur dan mengikuti aturan tertentu sesuai usia
2. Mempunyai tujuan dan berlangsung mengikuti aksis tubuh:
  • Cephalocaudal: Pertumbuhan (dari kepala ke bagian yang lebih rendah)
  • Proksimodistal: perkembangan (dari area sentral (proksimal tubuh) ke arah luar (periferal)
  • Diferensiasi perkembangan (dari simpel ke kompleks).
  • Kompleks, belum dapat diramalkan, terjadi dengan pola yg konsisten dan kronologis
  • Unik pada masing-masing individu dan turunannya, dan setiap individu berusaha mencapai perkembangan yg maksimal
  • Terjadi melalui konflik dan adaptasi serta merupakan tantangan bagi tiap individu dalam bentuk tugas spesifik tertentu sesuai umur dan kemampuan.
  • Menuntut latihan dan energi yg ditujukan pada masing-masing tahap perkembangan dan tugas menyelesaikannya.

Tumbuh Kembang Anak Usia 1 dan 2 Tahun Bisa Dilihat dalam Ebook Dibawah ini :

Berikut ini Tumbuh kembang anak usia 1 dan 2 tahun yang bisa anda download gratis dalam bentuk pdf.

Posting Komentar untuk "Tumbuh Kembang Anak Usia 1 dan 2 Tahun, Konsep dan Fase Perkembangan"