Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemu Laptop, Biografi dan Kisah Adam Osborne


Penemu Laptop, Biografi dan Kisah Adam Osborne


ADAM Osborne (6 Maret 1939 – 18 Maret 2003) adalah seorang penulis buku, penerbit perangkat lunak, dan perancang komputer yang mendirikan beberapa perusahaan di Amerika Serikat dan di tempat lain. Adam Osborne adalah salah satu tokoh besar dalam dunia teknologi melalui kontribusinya dalam penemuan laptop atau komputer jinjing.

Adam Osborne lulus dari University of Birmingham pada tahun 1961 dan kemudian menerima gelar Ph.D. dari Universitas Delaware. Setelah lulus dari universitas, ia bekerja sebagai pengembang aplikasi atau perangkat lunak, dan juga aktif menulis beberapa buku.

Baca juga : Aerophone Adalah

Penemuan Adam Osborne lahir dari ide seorang pria bernama Alan Kay yang memiliki konsep komputer jinjing atau cikal bakal laptop. Ide tersebut kemudian dikembangkan oleh Adam Osborne dengan menciptakan laptop atau komputer jinjing pertama yang kemudian diberi nama Osborne 1. Osborne I diciptakan oleh Adam Osborne dengan berat 10 pon dengan layar 5 inci, baterai kecil untuk daya dan dengan dua floppy disk drive dan juga dilengkapi dengan memori kecil dan keyboard. Dengan banderole harganya cukup mahal sekitar 1.795 Dollar.

Terjual hingga 10.000 unit per bulan, Osborne menjadi komputer terlaris. Penghasilan yang diperoleh Adam Osborne juga mencapai sekitar 70 juta dolar. Melihat kesuksesan penjualan Osborne I, ia meminta Adam Osborne untuk merilis lini laptop atau komputer jinjing berikutnya yang dibuatnya bernama Executive, namun penjualan Executive tidak menandingi Osborne I.

Sejak kecil, Adam Osborne menyukai hal-hal yang berbau teknologi. Dari kegemarannya dia bisa membuat laptop atau komputer jinjing. Ia juga tidak pernah menyangka bahwa produknya akan mempengaruhi perkembangan teknologi saat ini.


Kisah Penemuan Laptop Pertama Kali di Dunia


Laptop, merupakan salah satu barang yang sekarang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan dan sekolah. Bentuk, ukuran, dan berat laptop memungkinkan pengguna untuk mengakses laptop dengan mudah kapan pun dan di mana pun mereka membutuhkan, dan memungkinkan pengguna untuk membawa laptop ke mana pun mereka pergi.

Namun tahukah Anda sejarah laptop pertama di dunia? Seperti apa dan kapan laptop pertama kali dibuat?

1. Dibuat oleh Adam Osborne

Osborne 1 dibuat dan dinamai menurut penciptanya, Adam Osborne. Adam Osborne adalah putra seorang penulis Inggris bernama Arthur Osborne.

Adam lahir di Thailand pada tahun 1939. Saat masih muda, Osborne pindah ke Inggris dan pada tahun 1961 Osborne memperoleh gelar di bidang teknik kimia dari University of Birmingham dan kemudian PhD di bidang yang sama dari University of Delaware.

Osborne bekerja untuk waktu yang singkat di perusahaan Shell, tetapi keluar sebab tertarik pada komputer dan menulis.

Baca juga : Bujur Sangkar Adalah

2. Osborne bukanlah yang pertama membuat laptop

Melalui perusahaan Xerox Parc, Alan Kay mengusulkan ide laptop pada tahun 1968 dan menerbitkannya melalui makalah seperti Dynabook yang diterbitkan pada tahun 1972.

3. Osborne Computer Corp. dibangun untuk membuat laptop

Pada bulan Maret 1980, Adam Osborne Lee Felsenstein, mantan insinyur Intel, mendekati Steve Jobs, Steve Leininger, dan Steve Wozniak dari Apple untuk bekerja sama menciptakan perusahaan komputasi portabel yang terjangkau.

Menggunakan hasil dari perusahaan penerbitan Adam Osborne, pada tahun 1981, Osborne Computer Corp.

4. Osborne 1. Spesifikasi dan Bobot

Dari spesifikasi Adam Osborne, Felsenstein mendesain osborne 1 dengan housing dan pegangan built-in dan dapat bertahan dari jatuh yang tidak disengaja dan dapat ditempatkan di kursi pesawat.

Osborne 1 berukuran layar 5 inci dengan tabung dan memiliki floppy disk drive dan memiliki baterai opsional sehingga tidak perlu dicolokkan ke stopkontak saat digunakan. Berat laptop hampir 11 kg.

5. Pertama kali diperkenalkan ke publik pada bulan April 1981

Osborne 1 pertama kali diperkenalkan ke publik pada April 1981 di sebuah pameran komputer. Saat itu, Osborne 1 dijual seharga $1795. Jika dikonversi ke nilai rupiah saat ini, nilai satu unit osborne 1 adalah sekitar Rp. 26.000.000.

6. Penjualan pertama Osborne 1 sangat laris

Sejak diperkenalkan, Osborne 1 telah menarik perhatian pasar. Dalam 8 bulan pertama Osborne 1 terjual setidaknya 11.000 unit.

Baca juga : Prakarya dari Bahan Bekas

7. Jatuh karena kedatangan pesaing

Meski awalnya sukses, Osborne 1 kalah bersaing dengan pendatang baru yang menawarkan laptop dengan spesifikasi bagus dan harga lebih terjangkau. Komputer Kaypro merupakan pendatang baru dengan produk yang sama yang akhirnya menggulingkan Osborne 1.

Posting Komentar untuk "Penemu Laptop, Biografi dan Kisah Adam Osborne"