Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen Biotik yang Khas pada Ekosistem Air Tawar Adalah?



Ekosistem air tawar adalah kesatuan komunitas dengan lingkungan air tawar dan interaksi di dalamnya. Cabang biologi yang mempelajari interaksi dalam ekosistem disebut ekologi. 

Pengertian Ekosistem Air Tawar


Ekosistem air tawar adalah ekosistem yang terdapat di air tawar yang kaya akan mineral dengan pH air sekitar 6. Ekosistem ini dapat berubah karena habitat air tawar cenderung kering di musim panas. Ekosistem air tawar sangat kecil dibandingkan dengan ekosistem lainnya yaitu ekosistem darat atau laut. 

Padahal ekosistem yang satu ini sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satu keunggulannya adalah sebagai sumber air untuk kehidupan sehari-hari, untuk keperluan rumah tangga atau untuk keperluan lain seperti irigasi pertanian.

Baca juga : Teori Pendekatan Kognitif pada Proses Belajar Menurut Para Ahli

Jenis-Jenis Ekosistem Air Tawar 

Ekosistem air tawar dibedakan menjadi dua jenis, yaitu air mengalir dan air menggenang. Air yang mengalir disebut juga lotik sedangkan air menggenang disebut lentik. Contoh habitat akuatik lotik adalah sungai. Contoh air lentik adalah danau, waduk, rawa dan kolam. 


Komponen Ekosistem Air Tawar 


Ekosistem air tawar terdiri dari dua komponen yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah makhluk hidup yang hidup di dalamnya. Sedangkan komponen abiotik adalah lingkungan. Contoh komponen biotik air tawar mulai dari tumbuhan air, biota air hingga pengurai. Salah satu komponen biotik yang penting adalah plankton. Plankton adalah mikroorganisme terapung yang hidup di air dan arus.

Ada dua jenis plankton di perairan, yaitu zooplankton (plankton hewan) dan fitoplankton (plankton tumbuhan). Fitoplankton merupakan makanan bagi zooplankton dan ikan-ikan kecil. Keberadaan fitoplankton merupakan salah satu indikator kualitas ekosistem air tawar.

Jika banyak fitoplankton di air tawar, kualitas airnya bagus. Sebaliknya, bahkan hanya sedikit fitoplankton berarti kualitas air yang buruk. 

Contoh ekosistem air tawar 


Sebuah kolam berisi sekelompok organisme yang terdiri dari ikan mas, hydrilla dan mikroorganisme dengan air keruh. Tingkat organisme hidup termasuk ekosistem. Ini adalah contoh ekosistem air tawar.

Komponen biotik pada ekosistem air tawar adalah Ikan Gurame dan Ikan Mas. Sedangkan Ikan Hiu, Ikan Tongkol, Ikan sarden, Ikan Teri dan Ikan Pari adalah ikan air laut.

Posting Komentar untuk "Komponen Biotik yang Khas pada Ekosistem Air Tawar Adalah?"