Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fafirru Ilallah Artinya Adalah : Terdapat pada Ayat Apa, Kaligrafi dan Kandungan dalam Kitab Alquran



Di dalam artikel ini kami sajikan informasi arti fafirru ilallah, teks Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Bahasa Indonesia.

Arti Tulisan Fafirru ilallah

Surat Az-Zariyat Ayat 50

فَفِرُّوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ ۖ إِنِّى لَكُم مِّنْهُ نَذِيرٌ مُّبِينٌ

Arab-Latin: Fa firrū ilallāh, innī lakum min-hu nażīrum mubīn


Artinya: Maka segeralah kembali kepada (mentaati) Allah. Sesungguhnya aku seorang pemberi peringatan yang nyata dari Allah untukmu.

Tulisan Arab Fafirru Ilallah

فَفِرُّوْٓا اِلَى اللّٰهِ

Artinya : Maka segeralah kembali kepada Allah

Kandungan, Hikmah dan Pelajaran dari Makna Fafirru Ilallah yang Terdapat dalam Kitab Alquran

  1. Larilah kalian (wahai manusia) dari azab Allah kepada rahmatNya dengan beriman kepada Allah dan RasulNya, mengikuti perintahNya dan menaatiNya. Sesungguhnya Aku adalah pemberi peringatan yang nyata bagi kalian. Dan Rasulullah apabila tertekan oleh suatu perkara, beliau mendirikan shalat. Dan ini adalah bentuk melarikan diri kepada Allah.
  2. Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebut kembali kepada-Nya dengan firar (berlari kepada-Nya) karena ketika kembali kepada selain-Nya terdapat berbagai macam rasa takut dan hal yang tidak disukai, sedangkan kembali kepada-Nya terdapat berbagai hal yang disenangi, keamanan, kegembiraan, kebahagiaan dan keberuntungan, sehingga seorang hamba lari dari qadha’ dan qadar-Nya menuju kepada qadha dan qadar-Nya pula. Semua yang kita takuti biasanya kita menjauh darinya, akan tetapi jika kepada Allah, maka jalan keluarnya adalah dengan berlari kepada-Nya.
  3. Katakanlah kepada mereka wahai Rasul: “Menjauhlah dari hukuman Allah, dari kemaksiatan menuju pahala dan ridhaNya dengan bertaubat, beriman dan taat (kepadaNya). Sesungguhnya aku bagi kalian hanyalah pemberi peringatan yang jelas dan ingin terlepas dari azab Allah yang disiapkan bagi setiap orang yang syirik dan berbuat maksiat”

Fafirru ilallah terdapat dalam ayat?

Kalimat fafirru illah ini terdapat dalam Surat Az-Zariyat Ayat 50

فَفِرُّوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ ۖ إِنِّى لَكُم مِّنْهُ نَذِيرٌ مُّبِينٌ

Surah Az Zariyat merupakan surat ke-51 dalam al-Qur'an. Surat Az Zariyat tergolong surat Makkiyah dan terdiri atas 60 ayat.

Surat Az-Zariyat terdiri dari 60 ayat dan memiliki arti "Angin yang Menerbangkan". Surat ini merupakan golongan surat Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah.

Penamaan surat ini pun merujuk pada kata az-zariyat yang tersemat pada ayat pertamanya.


Contoh Kaligrafi Fafirru Illah Indah dan Menarik




Posting Komentar untuk "Fafirru Ilallah Artinya Adalah : Terdapat pada Ayat Apa, Kaligrafi dan Kandungan dalam Kitab Alquran"