Ads Header

Apa Hukum Mengheningkan Cipta untuk Penghormatan?


Pertanyaan: Bolehkah berdiri sesaat disertai diam untuk menghormati para pahlawan (mengheningkan cipta), di mana saat dimulai acara tertentu, orang-orang berdiri sesaat di sertai diam, sebagai ungkapan rasa duka cita atau menghormati arwah para pahlawan?

Jawaban: Yang dilakukan sebagian orang berupa berdiri sesaat disertai diam untuk menghormati para pahlawan atau pemimpin atau memuliakan arwah mereka dan berduka cita atas mereka termasuk perbuatan mungkar dan bid’ah yang tidak pernah ada di masa Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam, tidak pula di masa sahabat dan tidak pula di masa salafus shalih, dan tidak sesuai dengan adab-adab tauhid dan kemurnian pengagungan terhadap Allah subhanahu wa ta’ala. Akan tetapi sebagian kaum muslimin yang jahil mengikuti perbuatan orang-orang kafir yang melakukan bid’ah, meniru mereka dalam kebiasaan buruk mereka, sifat ghuluw mereka terhadap para pemimpin yang masih hidup dan yang sudah meninggal, dan Nabi Muhammad shallallahu ‘alahi wa sallam telah melarang meniru mereka.

Baca juga : Tata Cara Berdoa yang Baik dan Benar Sesuai Alquran dan Sunah  

Yang dikenal dalam Islam dari hak keluarganya adalah berdoa untuk kaum muslimin yang telah meninggal dunia, bersedekah untuk mereka, menyebut kebaikan mereka dan menahan diri dari keburukan mereka…hingga adab-adab lain yang dijelaskan oleh Islam dan mendorong setiap muslim untuk menjaganya bersama saudara-saudaranya yang masih hidup dan yang sudah meninggal dunia. Dan tidak termasuk di antaranya berdiam sesaat (mengheningkan cipta) sebagai tanda berduka cita untuk para syuhada dan para pemimpin, bahkan hal ini termasuk yang ditolak oleh dasar-dasar Islam.

Wabillahittaufiq, semoga shalawat dan salam selalu tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan pada sahabatnya.


Baca juga : Kewajiban Seorang Muslim Menuntut Ilmu Syari  

Fatawa Lajnah Daimah Untuk Riset Ilmiah dan Fatwa 2/146-147.

Belum ada Komentar untuk "Apa Hukum Mengheningkan Cipta untuk Penghormatan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel