Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Tugas-tugas Perkembangan Anak dan Peserta Didik Menurut Para Ahli



Setiap kehidupan individu akan terjadi dan dimulai dengan adanya fase usia kandungan sampai fase usia tua. Dalam menempuh setiap fase-fase tersebut, terdapat tugas-tugas perkembangan yang setiap individu harus dapat menuntaskannya. Setiap fase atau tahap pada perkembangan individu diantaranya termasuk kemampuan bertingkah laku yang seharusnya dicapai oleh anak pada periode perkembangan tertentu. Jika setiap anak yang berada dalam periode perkembangan itu dapat memperoleh kemampuan bertingkah laku yang sesuai dengan ciri-ciri khas kemampuan bertingkah laku pada periode itu, maka anak tersebut memiliki perkembangan yang sempurna.

Baca juga : Perkembangan Masa Dewasa Akhir, Pertumbuhan Psikososial, Kognitif dan Fisik

Akan tetapi tidak setiap anak dapat mengalami perkembangan yang sempurna, permasalahannya bagi manusia akan semakin kompleks ketika mereka memasuki usia remaja, pada masa remaja itulah mereka mulai mengenal lingkungan atau masyarakat yang lebih luas yang selalu dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang yang lebih rumit yang memerlukan penanganan yang sangat serius. Permasalahan bagi peserta didik usia remaja timbul baik dari intern ataupun ekstern yang keselurahannya sangat mengganggu pada proses belajar dan pembelajaran peserta didik di usia seperti itu. Keingin tahuan pada usia remaja sangatlah besar karena pada masa itu mereka masih mencari jati diri dan figur yang di idolakan oleh mereka.

Oleh karena itu, bagi seorang pendidik haruslah tahu keadaan peserta didiknya dan harus bisa mengarahkan pada hal-hal yang positif sehingga peserta didik pada usia remaja akan terarah pada hal-hal yang positif, pendidik juga harus mengetahui gejala-gejala yang terdapat pada peserta didik usia tersebut dan bisa memberikan solusi yang terbaik dalam menghadapi keadaan peserta didik seperti itu maka oleh karena itu diperlukan konsep dan tugas perkembangan peserta didik.

Pengertian Tugas-Tugas Perkembangan


Pengertian Tugas-Tugas Perkembangan Menurut Para Ahli.

Elizabeth B. Hurlock (1978) tugas perkembangan yaitu belajar menyesuaikan diri terhadap pola - pola hidup baru, belajar untuk memiliki cita - cita yang tinggi, mencari identitas diri dan pada usia kematangannya mulai belajar memantapkan identitas diri.

Teori dorongan (motivasi) dikemukakan Morgan, bahwa segenap tingkah laku distimulir dari dalam. Bahwa motivasi adalah merupakan dorongan keinginan sekaligus sebagai sumberdaya penggerak melakukan sesuatu yang berasal dari dalam dirinya.

Teori dinamisme mengatakan bahwa di dalam organisme yang hidup itu selalu ada usaha yang positif ia akan selalu mencari pengalaman-pengalaman baru.

Kartono berpendapat bahwa ekstensi anak dipastikan oleh adanya : a) Segenap kualitas hereditas; b) Pengalaman masa lampau dan masa sekarang, dalam suatu lingkungan sosial tertentu dan sebagai produk proses belajar secara kontinyu.

Baca juga : Perkembangan Masa Dewasa Tengah Meliputi Fisik, Kognitif dan Psikososial  

Havighurst (1953). Mengemukakan bahwa perjalanan hidup seseorang ditandai oleh adanya tugas-tugas yang harus dipenuhi. Secara garis besar Havighurst menengaskan bahwa tugas-tugas perkembangan yang dilakukan seseorang pada masa kehidupan tertentu adalah disesuaikan dengan norma-norma sosial serta norma-norma kebudayaan.Tugas-tugas perkembangan dituntut adanya korelasi antara potensi diri dan pendidikan yang diterima anak, serta norma-norma sosial budaya yang ada.

Tugas perkembangan adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan individu pada fase-fase atau periode kehidupan tertentu, dan apabila berhasil mencapainya mereka akan berbahagia, tetapi sebaliknya apabila mereka gagal akan kecewa dan dicela orang tua atau masyarakat dan perkembangan selanjutnya juga akan mengalami kesulitan.

Hurlock (1981) menyebutkan tugas-tugas perkembangan ini sebagai Social Expectations. Dalam arti, setiap kelompok budaya mengharapkan anggotanya menguasai keterampilan tertentu yang penting dan memperoleh pola perilaku yang disetujui bagi berbagai usia sepanjang rentang kehidupan.

Tugas perkembangan merupakan suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu, yang apabila tugas itu dapat berhasil dituntaskan akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan dalam menuntaskan tugas berikutnya, sementara apabila gagal maka akan menyebabkan ketidakbahagiaan pada diri individu yang bersangkutan, menimbulkan penolakan masyarakat dan kesulitan dalam menuntaskan tugas berikutnya (Yusuf 1992:3).


 
Sumber faktor-faktor perkembangan diantaranya:

1. Kematangan fisik, misalnya;

a. Belajar berjalan karena kematangan otot-otot kak

b. Belajar bertingkah laku, bergaul dengan jenis kelamin yang bebeda pada masa remaja karena kematangan organ-organ seksual.

2. Tuntutan masyarakat secara kultural, misalnya;

a. Belajar membaca

b. Belajar menulis

c. Belajar berhitung

d. Belajar berorganisasi.

3. Tuntutan dari dorongan dan cita-cita individu sendiri, misalnya;

a. Memilih pekerjaan

b. Memilih teman hidup.

Baca juga : Aliran Bahasa (Linguistik) Fungsional, Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan  

4. Tuntutan norma-norma agama, misalnya;

a. Taat beribadah kepada Allah SWT

b. Barbuat baik kepada sesama manusia.

Posting Komentar untuk "Pengertian Tugas-tugas Perkembangan Anak dan Peserta Didik Menurut Para Ahli"