Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Masa Dewasa Tengah Meliputi Fisik, Kognitif dan Psikososial


PERKEMBANGAN MASA DEWASA TENGAH


Pada umumnya usia madya atau masa dewasa tengah dipandang sebagai masa usia antara 40 sampai 60 tahun. Masa tersebut pada akhirnya ditandai oleh adanya perubahan-perubahan jasmani dan mental. Pada usia 60 tahun biasanya terjadi penurunan kekuatan fisik, sering pula diikuti oleh penurunan daya ingat.

Baca juga : Hubungan antara Pemenuhan Hak Kesehatan Bagi Masyarakat dengan Hak Asasi Manusia
 
Perkembangan Fisik

Salah satu dari sekian banyak penyesuaian yang sulit yang pria dan wanita berusia madya harus lakukan adalah dalam mengubah penampilan. Mereka harus benar-benar menyadari bahwa fisiknya sudah tidak mampu berfungsi lagi sama seperti sediakala pada saat mereka kuat dan bahkan beberapa organ-organ tertentu tubuh yang vital sudah lemah. Mereka yang berusia madya harus dapat menerima kenyataan bahwa kemampuan mereproduksi sudah berkurang atau akan berakhir, dan mungkin bahkan mereka akan kehilangan dorongan seks serta daya tarik sosial.

Penyesuaian diri terhadap perubahan fisik terasa sulit karena adanya kenyataan bahwa sikap individu yang kurang menguntungkan semakin diitensifkan lagi oleh perilaku sosial yang kurang menyenangkan terhadap perubahan normal yang muncul bersama pada tahun-tahun selanjutnya.
 
Perkembangan Kognitif

Penelitian K. Warner Schaie dan Scherry Willis terhadap lebih dari 4.000 orang dewasa, yang kebanyakan berusia lanjut, menunjukan bahwa penggunaan pelatihan keterampilan kognitif yang bersifat individual telah berhasil meningkatkan orientasi ruang dan keterampilan-keterampilan penalaran 2/3 orang-orang dewasa tersebut. Hampir 40% dari mereka yang kemampuannya menurun, dapat kembali ditingkatkan hingga mencapai tingkat yang mereka capai 14 tahun sebelumnya.



Perkembangan Psikososial

Selama masa dewasa, dunia sosial dan personal dari individu menjadi lebih luas dan kompleks dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Penyesuaian sosial pada setiap tahap usia ditentukan oleh dua faktor.

Pada masa dewasa madya ini, individu memasuki peran kehidupan yang lebih luas. Pola dan tingkah laku sosial orang dewasa berbeda dalam beberapa hal dari orang yang lebih muda. Perbedaan-perbedaan tersebut tidak disebabkan oleh perubahan-perubahan fisik dan kognitif yang berkaitan dengan penuaan, tetapi lebih disebabkan oleh peristiwa-peristiwa kehidupan yang dihubungkan dengan keluarga dan pekerjaan. Selama periode ini orang melibatkan diri secara khusus dalam karir, pernikahan, dan hidup berkeluarga. Menurut Erikson, perkembangan psikososial selama masa dewasa dan tua ini ditandai dengan tiga gejala penting, yaitu keintiman, genertif dan integritas.

Baca juga : Kendala dan Masalah Upaya Pemenuhan Hak Kesehatan Bagi Masyarakat  

REFLEKSI


Perkembangan masa dewasa tengah ini adalah bahwasanya banyak timbul pemahaman yang salah akan usia dewasa tengah ini seperti halnya dalam penyesuaian diri merupakan ciri dari usia madya pada kebudayaan masa kini. Sehingga di perlukannya pemecahan masalah utama yakni menyesuaikan diri pada perubahan dan penurunan kondisi fisik, menyesuaikan diri dalam perubahan minat, atau menyesuaikan diri kepada relasi keluarga dan pasangan hidup.

Posting Komentar untuk "Perkembangan Masa Dewasa Tengah Meliputi Fisik, Kognitif dan Psikososial"