Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor yang Berpengaruh pada Perkembangan Individu, Faktor Internal dan Eksternal



Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan dengan masalah perubahan dalam ukuran fisik seseorang yang secara kuantatif semakin besar dan atau panjang.

Sedangkan perkembangan (development) berkaitan dengan pematangan dan penambahan kemampuan (skill) fungsi organ atau individu.

Setiap individu pada hakikatnya akan mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan nonfisik yang meliputi aspek-aspek intelek, emosi, sosial, bahasa, bakat khusus, nilai dan moral, serta sikap.

Baca juga : Belajar Mengajar Semakin Mudah dengan Google Classroom  

Pertumbuhan manusia merupakan perubahan fisik menjadi lebih besar dan lebih panjang, dan prosesnya terjadi sejak anak sebelum lahir hingga ia dewasa.

Intelekatau daya pikir berkembang sejalan dengan pertumbuhan syarf otak. Karena pikiranpada dasarnya menunjukkan fungsi di otak.

Rasa dan perasaan merupakan salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh manusia. Dalam hidupnya atau dalamproses pertumbuhan dan perkembangan manusia banyak hal yang dibutuhkannya.

Faktor-faktor yang Berpengaruh pada Perkembangan Individu


1. Faktor Internal

a. Kondisi Fisik

Faktor fisik merupakan faktor bilogis individu yang merujuk pada faktor genetik yang diturunkan oleh kedua orang tuanya. Pada masa pembentukan sel-sel tubuh, banyak faktor yang dapat mempengaruhi kondisi janin disamping keunikan yang telah ada pada kedua orangtuanya.

b. Kondisi Psikis

Kondisi fisik dan psikis inidvidu sangat berkaitan. Ranah perkembangan individu menyangkut aspek fisik, intelektual yaitu kognitif dan bahasa, emosi dan sosial moral. Kondisi fisik yang yang tidak sempurna atau cacat juga berkaitan dengan persepsi individu terhadap kemampuan dirinya. Begitupun ketidakmampuan intelektual dapat disebabkan karena kerusakan sistem syaraf, kerusakan otak atau mengalami retardasi mental.


 
2. Faktor Eksternal

a. Lingkungan Fisik

Lingkungan ini mencakup kondisi keamanan, cuaca, keadaan geografis, senitasi atau kebersihan lingkungan, serta keadaan rumah yang meliputi ventilasi, cahaya dan kepadatan hunian. Semua kondisi ini sangat mempengaruhi bagaimana individu dapat menjalankan proses kehidupannya.

Baca juga : Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar di Rumah  

b. Lingkungan Non Fisik

Faktor non fisik meliputi berbagai macam komponen, yaitu keluarga, pendidikan dan masyarakat. Beberapa faktor yang berkenaan dengan faktor non fisik seperti stimulasi motivasi dalam mempelajari sesuatu, pola asuh, serta kasih sayang dari orangtua.

Posting Komentar untuk "Faktor yang Berpengaruh pada Perkembangan Individu, Faktor Internal dan Eksternal"