Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Memilih Kosmetik yang Aman dan Tepat untuk Kesehatan



Kosmetik merupakan suatu bahan yang dapat digunakan untuk mempercantik atau merawat diri. Kosmetik adalah suatu campuran bahan yang digunakan pada tubuh bagian luar dengan berbagai cara untuk merawat dan mempercantik diri sehingga dapat menambah daya tarik dan menambah rasa percaya diri pemakaian dan tidak bersifat mengobati atau menyembuhkan suatu penyakit tertentu.

Penggunaan kosmetik dengan bahan kimia berbahaya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang akan terlihat dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Baca juga : Obat Larutan, Faktor Pengaruh, Cara Pemberian dan Tujuan Obat  

Cara untuk menyikapi banyaknya peredaran kosmetik dengan bahan kimia berbahaya dapat dilakukan dengan melakukan perawatan alami yang dapat dilakukan sendiri.

Cara kita dalam meyikapi peredaran kosmetik dengan bahan kimia berbahaya adalah dengan cermat memilih kosmetik yang aman untuk tubuh kita serta tidak menimbulkan efek samping setelah pemakaiannya. Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan:
 
  • Beli Kosmetik yang memiliki label halal.

Lebih diutamakan bagi Anda untuk membeli kosmetik yang memiliki sertifikat halal secara resmi dari LPPOM MUI. Dengan memakai produk halal, berarti Anda telah mengikuti aturan agama.

  • Pilih kosmetik yang memiliki kode legal.

Anda harus memastikan bahwa kosmetik yang dibeli telah memiliki ode legal dari BPON (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Dengan demikian berarti kosmetik tersebut telah dijamin aman dan sudah layak untuk dijual dipasaran. Jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka anda bisa membuat pengaduan resmi pada pihak BPOM.

  • Beli Kosmetik yang memiliki tanggal kadaluarsa.

Produk kosmetik yang berkualitas biasanya memiliki tanggal kadaluarsa. Sebelum membeli, periksalah tanggal kadaluarsa pada kosmetik tersebut.

  • Pilih produk yang mencantumkan nama dan alamat produsen.

Produk kosmetik yang telah resmi akan selalu mencantumkan nama perusahaan dan alamat mereka. Hal ini tentu menjadi bentuk keterbukaan mereka terhadap konsumen. Nama dan alamat perusahaan berfungsi sebagai tindakan tanggung jawab dari produsen untuk menerima pertanyaan atau pengaduan secara khusus dari para konsumen. Jika suatu kosmetik tidak mencantumkan nama dan alamat, maka sebaiknya anda jangan membeli produk tersebut, karena bisa jadi produk tersebut adalah imitasi atau abal-abal.

Selain itu, sebaiknya kita menggunakan bahan-bahan yang alami untuk merawat kulit atau tubuh, karena bahan alami lebih baik untuk digunakan dan tidak menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan tubuh. Berikut adalah cara yang digunakan untuk bisa tampil cantik tanpa kosmetik:

  • Meminum air putih.

Air memiliki kandungan penting untuk membersihkan kulit, usus dan organ tubuh lainnya secara alami. Selain itu, air juga bermanfaat untuk membuang semua jenis racun yang masuk ke dalam tubuh Anda. Dengan minum air putih secara teratur (minimal 8 gelas per hari), tubuh Anda akan terhidrasi dengan baik, kulit akan terlihat cerah.

Baca juga : Kosmetika Alami Adalah : Pengertian dan Bahan Pembuatan  

  • Biarkan kulit bernapas.

Mengaplikasikan makeup tebal secara terus menerus akan membuat kulit Anda kesulitan bernapas. Kebiasaan tersebut justru tidak baik untuk kesehatan kulit. Dan bukan tidak mungkin kulit Anda akan mengalami masalah seperti jerawat dan penuaan dini. Oleh karena itu, batasi pemakaian make up setiap hari.


 
  • Bibir tanpa lisptik.

Bibir yang cantik tidak selalu berhubungan dengan warna lipstick tertentu. Tanpa pakai lipstick sekalipun, Anda masih bisa tampil cantik, kok? Cobalah untuk memakai pelembab alami untuk bibir Anda agar terlihat natural dan apa adanya. Pelembab berfungsi untuk merawat, mencegah pigmentasi dan menjaga bibir Anda tetap lembut dan lentur.

  • Mencuci Wajah.

Hindari untuk memakai sabun yang keras saat mencuci wajah. Selain itu, jangan terlalu sering mencuci wajah dengan sabun karena bisa menghilangkan kelembaban kulit (maksimal 2 kali sehari). Usahakan untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda, seperti lidah buaya atau kunyit.

  • Kebersihan Gigi.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Hal pertama yang dilihat oleh orang lain yaitu senyum indah Anda. Munculnya noda di gigi atau gigi kekuningan dapat menurunkan kepercayaan diri Anda. Jadi, jangan sampai itu terjadi.

  • Cleansing dari dalam.

Ketika organ internal di dalam tubuh Anda berfungsi secara nrmal dan sehat; mereka akan berkerja secara maksimal dan bisa berdampak positif terhadap kulit Anda. Minumlah air lemon hangat plus madu setiap pagi. Cara ini sangat efektif membersihkan tubuh dari dalam.

  • Scrubbing.

Gunakan scrub atau sikat yang tidak terlalu keras untuk mengikis sel-sel kulit mati. Lakukan tips ini ini secara teratur agar kulit Anda tampak sehat dan segar. Anda juga bisa menggunakan campuran teh hijau dan bubuk gandum sebagai scrub alami untuk wajah.

  • Cukup tidur.

Jika Anda berharap memiliki kulit cantik serta bebas keriput, tidur selama 7-8 jam semalam mutlak harus Anda lakukan. Tidur yang cukup berguna untuk meredakan stress serta memulihkan tenaga setelah beraktivitas sepanjang hari. Dengan cukup tidur, produksi kolagen yang berfungsi untuk kesehatan kulit juga akan normal.

  • Makanan sehat.

Makan secara sehat bukanlah pilihan tetapi harus dibiasakan demi kesehatan jangka panjang. Makanan sehat juga tidak harus mahal. Anda bisa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dengan harga yang relatif terjangkau dan mudah ditemukan. Adapun jenis makanan sehat diantaranya produk susu, protein ikan dan terutama vitamin E yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Baca juga : Bunga Melati, Kandungan dan Cara Ekstraksi untuk Parfum dan Aroma Terapi   

  • Tersenyum.

Dengan tersenyum, wajah yang sebenarnya biasa saja konon akan terlihat cantik. Senyum juga bersifat menular. Ketika Anda tersenyum kepada orang lain, hampir dipastikan mereka akan membalasnya dengan senyuman. Orang yang murah senyum juga biasanya banyak disukai dan tampak lebih menawan.

Posting Komentar untuk "Tips dan Cara Memilih Kosmetik yang Aman dan Tepat untuk Kesehatan"