Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tinjauan Umum Hiperkolesterolemia, Definisi dan Faktor Penyebabnya


Tinjauan Umum tentang Hiperkolesterolemia


Aterosklerosis merupakan suatu penyakit yang banyak dibicarakan karena merupakan penyyebab utama morbiditas dan mortalitas dari manifestasi klinis berupa penyakit jantung koroner dan stroke, yang terjadi baik di negara maju maupun di negara berkembang seperti di Indonesia. Penyebab aterosklerosis adalah multifaktor, antara lain: diabetes mellitus, hipertensi, merokok, dan hiperkolesterolemia.

Hiperkolesterolemia didefinisikan sebagai keadaan dengan peningkatan kadar kolesterol lebih dari nilai rujukan, namun dianggap sebagai faktor risiko tinggi untuk keadaan penyakit jantung koroner adalah apabila peningkatan kadar kolesterol ≥ 240 mg/dl. Kolesterol yang paling berperan pada kejadian aterosklerosis adalah small-dense LDL (Achmad, 2001).

Baca juga : Penyebab Gangguan Menstruasi, Hasil Studi dan Ciri-ciri Klinis Gangguan Haid

Hiperkolesterolemia adalah kondisi saat konsentrasi kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Kolesterol adalah lipid ampifatik yang termasuk dalam golongan sterol dan di dalam tubuh dapat ditemukan dalam bentuk bebas dan ester dengan asam lemak. Kolesterol merupakan senyawa penyusun membran dari sel hewan. 


Sterol ini telah terbukti memiliki peranan penting dalam berbagai fungsi sel, termasuk dalam penentuan fungsi enzim dan permeabilitas membran. Tidak ada senyawa lain dari kelompok sterol yang dapat menggantikan seluruh peran dari kolesterol pada membran sel mamalia. Umumnya sel mamalia tidak dapat hidup saat tidak terdapat kolesterol.

Posting Komentar untuk "Tinjauan Umum Hiperkolesterolemia, Definisi dan Faktor Penyebabnya"