Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Rosella (Hibiscus sabdariffa), Obat Anti Kanker, Anti Hipertensi dan Anti Diabetes


Rosella (Hibiscus sabdariffa)


Tanaman rosella memiliki lebih dari 300 spesies yang tersebar pada daerah tropis dan non tropis. Biasanya, digunakan sebagai tanaman hias dan beberapa diantaranya dipercaya memiliki khasiat medis, salah satu diantaranya adalah rosella merah atau rosella ( Hibiscus sabdariffa L.) (Ullych, 2009)

Dalam taksonomi tumbuhan, rosella merah di klasifikasikan sebagai berikut :

Divisio : Spermatophyta

Subdivisio : Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Ordo : Malvaceales

Familia : Malvaceae

Genus : Hibiscus

Species : Hibiscus sabdariffa L.

Varietas : Hibiscus sabdariffa

Kandungan senyawa metabolis sekunder yang paling dominan pada rosella merah adalah adanya senyawa antosianin yang membentuk flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Flavonoid rosella terdiri dari flavonos dan pigmen antosianin. Antosianin berfungsi sebagai antioksidan yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit degeneratif. Zat gizi lain yang tidak kalah penting yaitu kalsium, niasin, riboflavin, dan zat besi yang cukup tinggi. Selain itu kelopak rosella merah mengandung protein, serat kasar, sodium, vitamin C dan vitamin A. vitamin A dan vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit. 


Kelopak bunga rosella juga diketahui membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat kekentalan darah. Hal ini terjadi karena adanya asam organik, polysakarida, dan flavonoid yang terkandung dalam ekstrak kelopak bunga rosella sebagai efek farmakologi.adapun kandungan gizi kelopak rosella segar dapat dilihat pada tabel di bawah ini :


Sebagai tanaman obat, rosella merah mempunyai manfaat untuk mengatasi berbagai masalah penyakit dan masalah kesehatan. Manfaat dari rosella antra lain dapat menurunkan kadar kolesterol, menurunkan asam urat, menghancurkan lemak, mencegah stroke dan hipertensi, menghilangkan wasir, menurunkan kadar gula darah mencegah kanker, tumor, kista. Diantara banyak khasiatnya, rosella diunggulkan sebagai antikanker, antihipertensi dan antidiabetes. (anonim, 2010 manfaat rosella dan semua tentang rosella)

1. Antikanker

Kelopak rosella memiliki senyawa antosianin yang dapat mengatasi kanker darah atau leukimia. Senyawa ini bekerja dengan mnghambat terjadinya kehilangan membran mitokondria dan pelepasan sitokrom dari mitokondria ke sitosol. Senyawa antosianin yang berperan sebagai antioksidan mampu meredam aksi radikal bebas menyerang molekul tubuh yang mengandung elektron yang dapat menybabkan kesalahan replikasi DNA. Apabila terjadi replikasi DNA maka akan mengakibatkan kerusakan DNA yang memicu oksidasi LDL (low densitylipoprotein), kolesterol ,lipid yang berujung kanker. (anonym, 2010 manfaat rosella dan semua tentang rosella)

 


2. Antihipertensi

Senyawa aktif dalam rosella banyak berperan dalam menurunkan tekanan darah adalah asam organic dan senyawa flavonoid. Senyawa aktif rosella tersebut membantu melancarkan peredaran darah dengan cara mengurangi derajat viskositas darah. Sehingga kerja jantung semakin ringan dan tekanan darah menjadi rendah. (anonym, 2010 manfaat rosella dan semua tentang rosella).

Baca juga : Lidah Buaya (Aloe Vera), Manfaat, Bentuk Tumbuhan dan Klasifikasi

3. Antidiabetes

Senyawa pada rosella memiliki kemampuan sebagai antidiabetes yang dapat menurunkan kadar serum kreatinin, kolesterol, dan glukosa. Air seduhan kelopak bunga rosella yang rutin dikonsumsi pada penderita diabetes dapat memperbaiki sel pancreas yang dapat memproduksi insulin lebih banyak sehingga gula darah dapat turun. (anonym, 2010 manfaat rosella dan semua tentang rosella).

Posting Komentar untuk "Tanaman Rosella (Hibiscus sabdariffa), Obat Anti Kanker, Anti Hipertensi dan Anti Diabetes "