Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius), Manfaat dan Daerah Penyebaran


Klasifikasi


Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Monocotyledoneae

Bangsa : Pandanales

Suku : Pandanaceae

Marga : Pandanus

Jenis :Pandanus amaryllifolius Roxb.

Nama latin : Pandanus amaryllifolius Roxb.

Nama Inggris : Fragrant pandan

Nama Indonesia : Pandan

Nama daerah : Pandan wangi (jawa)

Deskripsi


Pandanus umumnya merupakan pohon atau semak yang tegak, tinggi 3–7 meter, bercabang, kadang-kadang batang berduri, dengan akar tunjang sekitar pangkal batang. Daun umumnya besar, panjang 1–3 m, lebar 8–12cm; ujung daun segitiga lancip-lancip; tepi daun dan ibu tulang daun bagian bawah berduri, tekstur daun berlilin, berwarna hijau muda–hijau tua. Buah letaknya terminal atau lateral, soliter atau berbentuk bulir atau malai yang besar.

Baca juga : Cara Membuat Kerupuk Tulang Ikan  

Penyebaran


Tanaman pandan wangi dapat dengan mudah dijumpai di daerah tropis dan banyak ditanam di halaman, di kebun, di pekarangan rumah maupun tumbuh secara liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Selain itu, tumbuhan ini dapat tumbuh liar ditepi sungai, rawa, dan tempat-tempat lain yang tanahnya agak lembab dan dapat tumbuh subur dari daerah pantai sampai di daerah dengan ketinggian 500 meter.


Manfaat


Daun berkhasiat penambah nafsu makan (amara), sebagai obat lemah saraf (neurasthenia), rematik dan pegal linu, penenang, rambut rontok, mengitamkan rambut, dan ketombe, mengatasi gelisah menjelang tidur, menurunkan tekanan darah tinggi.


Posting Komentar untuk "Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius), Manfaat dan Daerah Penyebaran"