Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reptil Primitif Ordo Rhynchocephalia, Binatang yang Memiliki Julukan Fosil Hidup


Ordo Rhynchocephalia


Merupakan kelompok reptile primitive yang kadang-kadang disebut sebagai fosil hidup. Bentuk tubuhnya mirip anggota-anggota lacertilian pada umumnya, tetapi berbeda dengannya terutama karena tengkoraknya bersifat diosit (mempunyai 2 cekungan di daerah temporal).

Ordo ini diketahui berdasarkan catatan fosil pada Era Triasik Akhir yaitu antara 210 – 220 juta tahun yang lalu. Ordo Rhynchocephalia memiliki tipe tengkorak diapsid. Morfologinya mirip dengan anggota lacertilia dan panjang dewasanya mencapai 30 cm. Anggota ordo ini semuanya karnivora dan mencari makan di malam hari. Habitat hidupnya di air atau di daratan. Ordo Rhynchocephalia bereproduksi secara ovipar dengan fertilisasi internal. Telurnya ditempatkan dalam suatu lubang seperti kebanyakan anggota Kelas Reptilia lainnya dan menetas dalam waktu 1 tahun.


Baca juga : Ikan Layur, Karakter Morfologis Superfamili Trichiuroidea  

Gigi-gigi terdapat pada prunaicilla, maxilla, palatinum, dan dentale. Tulang-tulang gostralia(tulang-tulang perut) berkembang baik. Celah kloaka melintang. Diatap kepala terdapat mata parietal dengan lensa dan retina. Pada hewan muda, mata parietal tampak lebih jelas karena kulit yang menutupnya bening, tetapi pada saat dewasa kulit tersebut menebal. Alat ini di duga peka terhadap panas dan cahaya. Ordo ini mencakup satu familia, yaitu Sphenodontidae dengan spesies Sphenodon punctatus (lihat Gambar 34).

Gambar 34. Sphenodon punctatus

Posting Komentar untuk "Reptil Primitif Ordo Rhynchocephalia, Binatang yang Memiliki Julukan Fosil Hidup"