Ads Header

Ikan Layur, Karakter Morfologis Superfamili Trichiuroidea



Superfamili Trichiuroidea terdiri dari dua famili yaitu Trichiuridae dan Gempylidae. Ikan-ikan dari superfamili ini memiliki ciri-ciri tubuh memanjang, pipih, dan semifusiform. Mulut besar dengan rahang bawah lebih panjang dari rahang atas. Memiliki satu atau dua lubang hidung pada kedua sisi kepala. Sirip dorsalnya tumbuh sepanjang punggung sedangkan sirip pektoralnya pendek dan sirip ventralnya kecil atau tidak ada.

Ruas tulang punggung berjumlah 32-170 (Nakamura dan Parin, 1993). Famili Trichiuridae memiliki bentuk tubuh yang panjang dan pipih menyerupai pita terutama pada bagian ujung belakang ekor. Mulutnya lebar, tidak dapat disembulkan dan dilengkapi dengan gigi-gigi tangkap yang kuat dan tajam. Memiliki satu lubang hidung pada kedua sisi kepala. Rahang bawah lebih panjang dari rahang atas. Tidak bersisik. Tidak terdapat keel pada batang ekor dan garis rusuknya (LL) tunggal (Parin, 1986; Nakamura dan Parin, 1993). Tubuhnya dapat mencapai panjang 150 cm, tetapi pada umumnya berkisar antara 70-80 cm (Parin,

Baca juga : Populasi Ikan Layur di Perairan Pelabuhan Ratu di Indonesia  

1986; Ayodhya dan Diniah, 1989; Nakamura dan Parin, 1993; Nontji, 2005). Memiliki sirip punggung yang panjang mulai dari atas kepala sampai akhir badan dan berjari-jari lemah antara 105-134 buah. Sirip anal tumbuh tidak sempurna dan berjari-jari lemah antara 72-80 buah. Sirip ini berupa deretan duri-duri kecil. Tidak terdapat sirip perut dan garis rusuk (LL) terlihat jauh dibagian bawah badan (Nontji, 2005).

Ikan-ikan dari famili Trichiuridae berwarna keperak-perakan jika dalam keadaan hidup dan akan berwarna perak keabuan atau sedikit keunguan jika mati. Bagian atas kepala berwarna ungu agak gelap sedangkan sirip-siripnya sedikit kekuningan atau kuning dengan pinggiran gelap (Saanin, 1968). Famili Gempylidae memiliki tubuh yang memanjang dan agak pipih atau semifusiform. Bagian punggung biasanya berwarna cokelat atau cokelat gelap dan bagian bawah dan perut berwarna keperakan. Memiliki dua lubang hidung pada kedua sisi kepala.


Ukuran mulut besar, tidak dapat disembulkan dan dilengkapi dengan gigi yang kuat pada kedua rahangnya. Rahang bawah lebih panjang dari rahang atas. Memiliki dua sirip dorsal yang terpisah dengan jelas. Sirip dorsal kedua (termasuk finlet) lebih pendek dari sirip dorsal yang pertama. Sirip anal sama dengan sirip dorsal kedua dari segi ukuran dan bentuk, atau terkadang lebih kecil. Pada bagian belakang sirip dorsal dan anal biasanya terdapat finlet.

Baca juga : Ikan Layur, Klasifikasi dan Tata Nama menurut Nakamura dan Parin  

Ukuran sirip caudal sedang dan selalu berbentuk cagak. Sirip ventral biasanya kecil, sering tereduksi menjadi satu duri tunggal dengan hanya sedikit atau tidak ada jari-jari lemah. Garis rusuk (LL) tunggal atau ganda, berakhir pada dasar sirip caudal (Nakamura dan Parin, 1993).

Belum ada Komentar untuk "Ikan Layur, Karakter Morfologis Superfamili Trichiuroidea "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel