Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Tuberculosis Paru, Infeksi Saluran Pernafasan pada Bayi dan Anak-anak


Tuberculosis merupakan penyakit serius terutama pada bayi dan anak. Anak dengan malnutrisi dan gangguan Immunologis sebagian besar menderita tuberculosis primer. Menurut hasil Survey Kesehatan Rumah Tangga tuberculosis merupakan masalah kesehatan masyarakat, di negara berkembang seperti di Indonesia dengan penduduk lebih dari 200 juta jiwa, Indonesia menempati urutan ke-3 di dunia setelah India dan China, dalam hal jumlah penderita Tuberculosis Paru sekitar 90 ribu anak dengan perincian berdasarkan golongan umur yaitu, 25,9% menyerang anak usia 1-3 tahun, 42,4% menyerang usia anak 3-6 dan 31,5% menyerang anak dengan usia 6-12 tahun dan diperkirakan sekitar 30 ribu anak meninggal dunia tiap tahun akibat Tuberculosis. (Iskandar, 2002)

Di Rumah Sakit Umum Daerah Leuwiliang kasus Tuberculosis bukanlah kasus yang banyak terjadi di masyarakat yaitu sekitar 6 orang pasien di ruang rawat inap selama 1 bulan yang diperkirakan hanya mencapai 2,71% penderita tuberculosis paru pada anak dari 271 pasien yang ada di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Leuwiliang. (Bagian Rekam Medik Rumah Sakit Umum Daerah Leuwiliang)

Baca juga : Manfaat Tanaman Kembang Sepatu, Khasiat Obat Demam Anak, Batuk dan Sariawan

Namun demikian, meskipun data tersebut tidak menunjang, tetapi Tuberculosis sendiri merupakan penyakit yang kronik, yang dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya dan merupakan suatu penyakit yang memerlukan waktu yang cukup lama bagi penderita dalam mengkonsumsi obat, apabila ini dibiarkan dampak yang akan muncul jika penderita berhenti minum obat adalah munculnya kuman Tuberculosis yang resisten terhadap obat, jika ini terus terjadi dan kuman tersebut harus menyebar pengendalian obat Tuberculosis akan semakin sulit dilaksanakan dan meningkatkan angka kematian akibat penyakit Tuberculosis.

Dari data tersebut penyusun tertarik untuk mengkaji mengenai Tuberculosis paru pada anak dengan judul Asuhan keperawatan pada klien An. B dengan Tuberculosis Paru di ruang Matahari Rumah Sakit Umum Daerah Leuwiliang

Pengertian Tuberculosis Paru

Tuberculosis Paru adalah penyakit infeksi pada tubuh yang dapat menular melalui droplet dari penderita dan disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosa. Berikut pengertian tuberkulosis Paru menurut para ahli:
Tuberkulosis (TB) adalah penyakit paru menular yang disebabkan oleh basil tuberkel dan menyebar saat droplet yang mengandung bakteri aktif terhirup oleh individu yang rentan (Marrelli, 2008)
Tuberculosis adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosa (Price, Silvia A,2006)
Tuberkulosis Paru adalah penyakit infeksius, yang terutama menyerang paru.(Burnner & Suddarth,2002)

 


Jadi Tuberkulosis (TB) paru adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosa yang menginfeksi paru. Sebagian besar kuman Tuberculosis menyerang paru, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lainnya.

Baca juga : Waham Halusinasi, Pengertian dan Teori Biologis, Psikososial dan Interpersonal

Penegakan diagnosis tuberkulosis paru didasarkan atas anamnesa, pemeriksaan klinis, serta pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan dahak dan rontgen thoraks. Dengan penegakan diagnosis yang benar maka terapi tuberkulosis paru dapat diberikan secara tepat sehingga resistensi kuman Tuberculosis terhadap obat anti tuberkulosis (OAT) dapat dihindari.

Posting Komentar untuk "Penyakit Tuberculosis Paru, Infeksi Saluran Pernafasan pada Bayi dan Anak-anak "