Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Emulsi Obat Adalah : Pengertian, Komponen, Tipe, Sifat dan Faktor Pengaruh


PENGERTIAN EMULSI


Emulsi adalah campuran antara partikel-partikel suatu zat cair (fase terdispersi) dengan zat cair lainnya (fase pendispersi) dimana satu campuran yang terdiri dari dua bahan tak dapat bercampur, dengan satu bahan tersebar di dalam fasa yang lain. Dikarenakan setiap bahan pangan memilki karakteristik masing-masing maka setiap bahan pangan memiliki jenis emulsi dan pengaruh jenis emulsi yang berbeda-beda.

Salah satu dari zat cair tersebut tersebar berbentuk butiran-butiran kecil kedalam zat cair yang lain distabilkan dengan zat pengemulsi (emulgator/emulsifiying/surfactan).

Baca juga : Buah Pala (Myristica Fragan Hoitt), Khasiat Membuang Racun dan Gangguan Pencernaan
 

Emulsi tersusun atas tiga komponen utama, yaitu:

· Fase terdispersi (zat cair yang terbagi-bagi menjadi butiran kecil kedalam zat cair lain (fase internal).

· Fase pendispersi (zat cair yang berfungsi sebagai bahan dasar (pendukung) dari emulsi tersebut (fase eksternal).

· Emulgator(zat yang digunakan dalam kestabilan emulsi).


Ada dua tipe emulsi, yaitu:

(a) Emulsi A/M yaitu butiran-butiran air terdispersi dalam minyak. Air berfungsi sebagai fase internal & minyak sebagai fase eksternal)

(b) Emulsi M/A yaitu butiran-butiran minyak terdispersi dalam air.

Pada emulsi A/M, maka butiran-butiran air yang diskontinyu terbagi dalam minyak yang merupakan fase kontinyu, Sedangkan untuk emulsi M/A adalah sebaliknya. Kedua zat yang membentuk emulsi ini harus tidak atau sukar membentuk larutan dispersirenik.

 

Beberapa sifat emulsi yang penting:

a. Demulsifikasi

Kestabilan emulsi cair dapat rusak apabila terjadi pemansan, proses sentrifugasi, pendinginan, penambahan elektrolit, dan perusakan zat pengemulsi. Krim atau creaming atau sedimentasi dapat terbentuk pada proses ini. Pembentukan krim dapat kita jumpai pada emulsi minyak dalam air, apabila kestabilan emulsi ini rusak,maka pertikel-partikel minyak akan naik ke atas membentuk krim. Sedangkan sedimentasi yang terjadi pada emulsi air dalam minyak; apabila kestabilan emulsi ini rusak, maka partikel-partikel air akan turun ke bawah. Contoh penggunaan proses ini adalah: penggunaan proses demulsifikasi dengan penmabahan elektrolit untukmemisahkan karet dalam lateks yang dilakukan dengan penambahan asam format (CHOOH) atau asam asetat (CH3COOH).

b. Pengenceran

Dengan menambahkan sejumlah medium pendispersinya, emulsi dapat diencerkan. Sebaliknya, fase terdispersi yang dicampurkan akan dengan spontan membentuk lapisan terpisah. Sifat ini dapat dimanfaatkan untuk menentukan jenis emulsi.



Faktor-faktor yang mempengaruhi stabilitas emulsi, adalah:

1. Tegangan antarmuka rendah

2. Kekuatan mekanik dan elastisitas lapisan antarmuka

3. Tolakkan listrik double layer

4. Relatifitas phase pendispersi kecilr

5. Viskositas tinggi.
 

Aturan pemakaian obat dalam bentuk sediaan emulsi :

“Shake well before use” atau bahasa latinnya “Agitatio ante conqusdum”, kocok dahulu sebelum diminum. Aturan ini tidak diberikan tanpa alasan, obat minum yang tampaknya tercampur rata ini sebenarnya terdiri dari berbagai macam zat aktif, mulai dari berbagai bahan obat itu sendiri, bahan pelarut, bahan pemanis,dan bahan penstabil. Bermacam bahan, baik yang padat, cair, maupun lemak ini kemudian akan tercampur dalam seuatu bentuk emulsi. Nah, agar emulsi ini tercampur dengan baik, sebelum mengkonsumsinya anda harus mengocoknya terlebih dahulu. Pengocokan tidak perlu dilakukan terlalu lama hingga obat berbuih. Cukup membolak-balik botol tempat obat sekitar 15 kali agar emulsi tersebut dapat tercampur sempurna.

Contoh obat dalam bentuk sediaan emulsi :

  1. Scott’s Emulsion
  2. Sakatonik ABC
  3. Curcuma plus
  4. Organic

Posting Komentar untuk "Emulsi Obat Adalah : Pengertian, Komponen, Tipe, Sifat dan Faktor Pengaruh"