Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah Pala (Myristica Fragan Hoitt), Khasiat Membuang Racun dan Gangguan Pencernaan


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi :Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Ordo : Mirtiflorae

Famili : Miristicaceae

Genus : Myristica

Spesies :Myristica fragan Houtt.

Nama latin : Myristica fragan Hoitt.

Nama Inggris : Nutmeg

Nama Indonesia : Pala

Nama daerah : Polo (Jawa), Pala (Sunda)

Deskripsi


Tumbuhan ini berumah dua (dioecious) sehingga dikenal pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya berbentuk lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya. Bila masak, kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.


Biji pala mempunyai sifat antiemetic yaitu senyawa kimia yang memiliki manfaat untuk mengatasi mual atau muntah.Begitu besar khasiat buah pala banyak terdapat di bagian daging, kulit, biji pala sampai ke bunganya sekali pun yang mana terdapat kandungan kimia didalamnya.

Penyebaran


Pala merupakan tanaman buah berupa pohon tinggi asli Indonesia, karena tanaman ini berasal dari Banda dan Maluku. Tanaman pala menyebar ke Pulau Jawa, pada saat perjalanan Marcopollo ke Tiongkok yang melewati pulau Jawa pada tahun 1271 sampai 1295 pembudidayaan tanaman palaterus meluas sampai Sumatera.e

Manfaat


  • Menyingkirkan Racun dari Tubuh

Bila dikonsumsi, buah pala bisa berguna untuk membuang racun-racun tersebut agar tidak menumpuk. Selain itu, buah pala juga dapat mencegah sekaligus menghancurkan batu ginjal.

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan

Khasiat buah pala dapat digunakan untuk menyembuhkan diare, sembelit, gas, perut kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Biasanya minyak pala yang dimanfaatka untuk meredakan sakit perut dengan menyingkirkan gas berlebih dari dalam organ pencernaan.

  • Menjaga Kepintaran Otak

Buah pala mengandung sejumlah minyak esensial, misalnya macelignan dan myristicin. Kedua komponen minyak esensial ini dibuktikan sanggup menekan proses degradasi fungsi kognitif serta jalur saraf yang seringkali dialami oleh pengidap demensia atau penyakit Alzheimer.

  • Mengatasi Bau Mulut

Khasiat buah pala yang satu ini berkaitan erat dengan fungsinya sebagai antibakteri. Penyebab utama dari bau mulut seringkali ialah bakteri yang menumpuk di dalam mulut sehingga menimbulkan bau tak sedap. Sebagai antibakteri, buah pala mampu membersihkan mulut dari bakteri-bakteri tersebut.



  • Meredakan Nyeri

Buah pala punya kandungan senyawa yang menyerupai mentol. Karena itu, buah pala juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri akibat cedera, luka, atau radang sendi artritis.

  • Mengatasi Kesulitan Tidur

Buah pala sering direkomendasikan sebagai obat insomnia alami. Jika Anda kerap mengalami susah tidur, cobalah minum segelas susu hangat yang ditambahkan sejumput bubuk pala di malam hari sebelum tidur. Kandungan magnesium dalam buah pala dapat mengurangi ketegangan saraf, serta mendorong produksi serotonin untuk meberikan efek rileks pada tubuh.

Posting Komentar untuk "Buah Pala (Myristica Fragan Hoitt), Khasiat Membuang Racun dan Gangguan Pencernaan"