Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amil Asetat Adalah : Pengertian, Ciri-ciri, Sifat Fisik dan Kimia


Amil Asetat


Amil asetat adalah senyawa organik berwujud cairan jernih, tak berwarna, berbau khas, yang bagian terbesarnya terdiri dari amil asetat rumus empiris C2H5OC(O)CH3.

Senyawa ini merupakan ester dari etanol dan asam asetat. Senyawa ini di produksi dalam skala besar sebagai pelarut. Amil asetat adalah pelarut polar menengah yang volatil (mudah menguap), tidak beracun, dan tidak higroskopis. Seperti kebanyakan reaksi aldehida dan keton, esterifikasi suatu asam karboksilat berlangsung melalui serangkaian tahap protonasi dan detonasi. Oksigen karbonil diprotonasi, alkohol nukleofilik menyerang karbon positif dan eliminasi air akan menghasilkan ester.

Baca juga : Bawang Merah (Allium Cepa), Manfaat dan Khasiat untuk Pengobatan  

Produk turunan dari asam asetat ini memiliki banyak kegunaan serta pasar yang cukup luas seperti pengaroma buah dan pemberi rasa seperti untuk es krim, kue, kopi, teh atau juga untuk parfum,digunakan pada industri tinta cetak, cat dan tiner, PVC film, perekat, resin, polimer cair dalam industri kertas, serta banyak industri penyerap lainnya seperti industri farmasi, dan sebagainya.

Amil asetat disintesis melalui reaksi esterifikasi fischer dari asam asetat dan ethanol, biasanya disertai katalis asam seperti asam sulfat.

Reaksi amil asetat merupakan reaksi reversibel dan menghasilkan suatu kesetimbangan kimia. Amil asetat dapat dihidrolisis pada keadaan asam atau basa menghasilkan asam asetat dan ethanol kembali. Katalis asam sulfat dapat menghambat hidrolisis karena berlangsungnya reaksi kebalikan hidrolisis yaitu esterifikasi fischer. 

Etil asetat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

a) Tidak beracun dan tidak terhigrokopis.

b) Merupakan pelarut polar menengah yang volatil (mudah menguap).

c) Dapat melarutkan air hingga 3%, dan larut dalam air hingga kelarutan 8% pada suhu kamar.

d) Merupakan penerima ikatan hidrogen yang lemah dan bukan suatu donor ikatan hidrogen karena tidak adanya proton yang bersifat asam (yaitu hidrogen yang terikat pada atom elektronegatif seperti flor, oksigen, dan nitrogen.

e) Kelarutannya meningkat pada suhu yang lebih tinggi. Namun demikian, senyawa ini tidak stabil dalam air yang mengandung basa atau asam.



Adapun sifat-sifat fisik dan kimia dari amil asetat sebagai berikut:

1) Sifat Fisik

· Kadar : 99,9%

· Berat molekul : 130 g/mol

· Titik didih : 148,4

· Titik lebur : -70,8

· Densitas (25 ) : 0.879 kg/l

Baca juga : Manfaat Jahe Kering, Pengolahan Bubuk, Awetan dan Minyak Jahe  

2) Sifat Kimia

· Hidrolisis

Amil asetat dapat terhidrolisis dengan adanya air menjadi asam asetat dan amil alkohol.

· Amonolisis

Amonia dan amil asetat bereaksi membentuk amil alkohol dan amida.

Posting Komentar untuk "Amil Asetat Adalah : Pengertian, Ciri-ciri, Sifat Fisik dan Kimia"