Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mempertahankan Sistem Kekebalan Tubuh agar Tetap Baik


CARA MEMPERTAHANKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH


1. Nutrisi yang sempurna

Setiap makanan yang kita makan harus mencakup berbagai nutrisi untuk tubuh kita karena nutrisi dan sistem imun saling berkaitan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memakan makanan yang mengandung :
  • Protein
Protein diperlukan untuk menghasilkan immunoglobulin dan berbagai antibodi. Protein dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Baca juga : Cara MPASI yang Baik, Permasalahan Pemberian Gizi Makanan pada Bayi
  • Vitamin dan mineral
Vitamin dan mineral dapat diperoleh dari berbagai jenis sayuran dan buah.
  • Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan sistem imun. Para ahli sains menemukan bahwa kandungan theanine pada daun teh dapat membantu sel imun badan dalam melawan bakteri dan virus.
  • Aloevera
Aloevera mengandung zat aktif seperti asam amino dan vitamin yang dapat membantu badan dalam mengeluarkan toksin, memulihkan jaringan yang terluka, dan meningkatkan sistem imun badan dengan cepat.



2. Olahraga yang sesuai

Olahraga minimal 15 menit setiap hari secara berkelanjutan dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Olahraga seperti jogging, berenang, berjalan, dan yoga dapat meningkatkan peredaran darah, menguatkan jantung, dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

 

3. Senantiasa gembira dan bijak menangani tekanan

Tekanan psikologi yang berkepanjangan dapat mengganggu mekanisme sistem imun dalam tubuh. Apabila otak merasa tertekan, otak akan menghasilkan hormon kortisol yang jika berlebihan akan berdampak negatif bagi sistem kekebalan tubuh kita.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mempertahankan Sistem Kekebalan Tubuh agar Tetap Baik"