Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urang Aring (Ecliptara Prostrata), Khasiat dan Manfaat menurut Medis


Klasifikasi


Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Bangsa : Asterales

Suku : Asteraceae

Marga : Ecliptara

Jenis : Ecliptara prostrata

Nama latin : Ecliptara prostrata

Nama Inggris : false daisy

Nama Indonesia : Urang Aring

Nama daerah : Telenteya (Madura)

Deskripsi


Terna semusim, dengan batang tegak atau berbaring, kerap bercabang-cabang, hingga 0,8 m. Batang bulat pejal, sering keunguan, dengan rambut putih. Daun berhadapan, duduk, lanset memanjang hingga bundar telur memanjang, 2–12,5 × 0,5–3,5 cm, dengan pangkal menyempit dan ujung runcing, tepi daun bergerigi atau hampir rata, kedua permukaannya berambut.

Baca juga : Ciri Investasi Palsu atau Bodong  

Bunga-bunga tergabung dalam bongkol bunga majemuk bertangkai panjang, selanjutnya 2-3 bongkol bersama-sama berkumpul di ujung (terminal) atau di ketiak. Daun pembalut dalam 2 lingkaran, panjang 5 mm, membentuk mangkuk. Bunga tepi dengan mahkota bentuk pita sempit, bergigi dua. Bunga cakram bentuk tabung, berwarna putih. Buah keras (achene) memanjang hingga serupa baji pendek, 2 mm, berbintil-bintil

Penyebaran


Tanaman ini menyebar luas di seluruh dunia, di wilayah tropika dan subtropika, pada banyak tempat telah berkembang menjadi gulma yang sangat mengganggu bagi beberapa banyak jenis tanaman pertanian di India, Cina, Thailand, dan Brazil, didapati pula di seluruh Indonesia.


Urang-aring mampu beradaptasi pada lingkungan yang berubah, terutama di tempat-tempat yang berdrainase buruk, daerah-daerah basah di sekitar sungai, parit, atau rawa, namun kaya akan sinar matahari. Mulai dari wilayah pantai –gulma ini tahan hidup di tanah bergaram– hingga ketinggian 2000 m. Kemampuan berbiaknya tinggi: berbunga di sepanjang tahun, urang-aring mampu menghasilkan 17.000 biji per individu tumbuhan.

Baca juga : Pengertian Bahan Pakan Hijauan  

Manfaat


  • Dapat mengobati gangguan lambung
  • Menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit
  • Menyembuhkan dan mengatasi sengatan dari hewan berbisa
  • Dapat mengobati gangguan hati

Posting Komentar untuk "Urang Aring (Ecliptara Prostrata), Khasiat dan Manfaat menurut Medis"