Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Kacapiring, Berkhasiat Mengobati Sariawan, Diabetes dan Demam



Klasifikasi ilmiah


Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Rubiales

Famili: Rubiaceae

Genus: Gardenia

Spesies: G. augusta

Nama binomial: Gardenia augusta

Sinonim
Referensi:
G. jasminoides Ellis.
G. florida L.
G. grandiflora Sleb.
G. maruba Sieb. et Zucc.
G. pictorum Hassk.
G. radicans Thunb.
Varneria agusta L.


Kacapiring atau Kaca Piring(Gardenia augusta) adalah perdu tahunan dari suku kopi-kopian atau Rubiaceae. Bunganya berwarna putih dan sangat harum. Tanaman juga dikenal dengan nama binomial Gardenia jasminoides yang berarti "seperti melati," walaupun tidak ada hubungannya dengan marga Jasminum (Melati). Di Bali, tanaman ini dikenal dengan nama jempiring dan bunganya merupakan maskot kota Denpasar.

Kacapiring merupakan perdu tegak dengan tinggi 1-2 m. Batangnya berkayu, bercabang, ranting mudanya terlapis lilin, dengan warna hijau kecoklatan.

Baca juga : Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar di Rumah  

Kandungan Kimia Kacapiring


Gardenia Jasminoides atau kacapiring, terutama pada bagian buahnya mengandung senyawa aktif suatu glikosida iridoid yang disebut geniposida. Pada buah ini juga ditemukan senyawa genipin yang merupakan aglikon dari geniposida. Selain tiu pada tanaman kacapiring juga ditemukan senyawa lainnya seperti imperatorin, isoimperatorin, crocetin, 5-hidroksi-7, 3',4',5'-tetrainetoksiflavon, 2-mentil-3, 5-dihidroksikromon, crocin dan crocin-3.
Manfaat

Bunga merupakan komoditas bunga potong, digunakan dalam karangan bunga dan korsase. Daun bisa digunakan sebagai obat seriawan dan akarnya sebagai obat sakit gigi. Buah mengandung crocin (salah satu jenis karotenoida) berwarna kuning cerah seperti yang terdapat pada safron. Buah yang kering merupakan bahan pewarna. Di Jepang, bahan pewarna dari Kacapiring digunakan untuk pencelupan tekstil dan pewarna kue tradisional (wagashi) dan asinan lobak (takuan).

Khasiat Dan Kegunaan


Masyarakat di Indonesia menggunakan bagian daun dari tanaman ini dalam ramuan tradisional untuk mengobati sakit diabetes, sariawan, demam, sukar buang air besar. Di India dan Cina kacapiring juga digunakan dalam ramuan tradisioanal mereka. Biasanya untuk mengobati demam, antiradang, meperbaiki sirkulasi peredaran darah.

Selain daun, bagian tanaman yang banyak digunakan adalah buah. Buah mengandung bahan aktif geniposida yang paling banyak. Karena kandungan bahan ini, bagian buah digunakan untuk mengobati demam yang disertai peradangan, juga untuk mengobati infeksi. Buah kacapiring juga efektif untuk mengatasi pendarahan pada membrane mukosa, seperti pada hidung, saluran pencernaan dan saluran kemih. Untuk mengatasi pendarahan ini, serbuk buah kacapiring bisa digunakan sebagai obat dalam atau luar. Di Cina, ekstrak buah kacapiring digunakan untuk mengobati diabetes tipe-2, gangguan liver dan batu empedu. Beberapa tahun terakhir, banyak penelitian yang dilakukan, di dalam maupun di luar negeri untuk membuktikan khasiat tanaman kacapiring. Hasilnya menunjukan, senyawa glikoprotein dari kacapiringberkhasiat melindungi hepar (hati) terhadap kerusakan, dan dapat menurunkan kolestrol darah atau bersifat hipolipidemik.

Baca juga : Perbedaan Penting antara Guru PNS dan Honorer  

Ekstrak gardenia yang diberikan pada hewan coba terbukti mampu menurukan kadar bilirbun darah. Hasil ini memberikan informasi penting mengapa kacapiring digunakan untuk mengobati gangguan hepar. Geniposida pada buah kacapiring selain berkhasiat sebagai hepatoprotektor, juga berkhasiat sebagai anti tumor. Pada pengujian terhadap hewan coba diketahui, senyawa pentaasetil geniposida tidak menyebabkan toksisitas pada liver, jantung, dan ginjal. Dengan demikian ekstrak buah kacapiring relative aman untuk dikonsumsi, malah sangat prospekstif untuk dikembangkan sebagai obat antitumor.

Penelitian ini juga didukung dengan penelitian lainnya yang menyatakan bahwa senyawa geniposida yang berhasil diisolasi dari kacapiring ini ternyata memiliki kemampuan sebagai detoksifikasi (membersihkan racun) antioksidan dan juga antikarsinogenesis.

Hasil penelitian hewan coba mencit juga membuktikan, kacapiring dapat mengurangi tingkat keparahan pada penyakit pankreatitis, dapat menurunkan tekanan darah, juga mengurangi nyeri dan kejang-kejang ( spasme). Slain daun dan buah, bunga kacapiring juga berkhasiat sebagai obat. Sebuah penelitian membuktikan, bunga kacapiring juga mengandung senyawa iridoid yang berkhasiat sebagai antimikroba, terutama melawan bakteri E. coli, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, jamur Candida albicans dan Trichophyton mentagrophytes.



Efek Samping


Buah,bunga dan daun kacapiring relative aman untuk digunakan sebagai obat. Hanya saja harus berhati-hati mengonsumsi atau mengunakan buah kacapiring ini, karena dapat menyebabkan diare. Umumnya buah kacapiring digunakan dengan dosis 3 – 12 gram per hari.
 

CARA MEMBUAT RAMUAN DARI KACAPIRING

Untuk Diabetes Mallitus

Bahan : 12 lembar daun kacpiring

Cara membuat : Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas

Cara menggunakan : Minum sekaligus dan ulangi secar rutin seriap sehari sekali.

Untuk sariawan / Radang

Bahan : 7 lembar daun kacapiring, 2 sendok makan madu dan 1 potong gula aren.
Cara membuat : Daun kacapiring diremas-remas dan ditambah dengan 1 cangkir air dan disaring . kemudian dicampur dengan madu dan gula aren tersebut dan diaduk sampai merata.

Cara menggunakan : Minum dan ulangi setiap dua kali sehari.

Untuk Demam

Bahan : 7 lembar daun kacapiring dan 1 potong gula batu.

Cara membuat : Daun kacapiring diremas-remas denga 1 gelas air dan disaring, campur dengan gula batu dan diaduk sampai merata.

Cara menggunakan : diminum sehari sekali

Baca juga : Problem Bahan Pakan Konvensional untuk Unggas  

Sukar Buang Air Besar

Bahan : 3 biji buah kacapiring.

Cara membuat : Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan : diminum sekali sehari. Bagian yang digunakan adalah daun segar

Khasiat :

Daunnya yang segar dihaluskan, tambahkan sedikit air matang, lalu disaring. Gunakan sebagai obat kumur untuk penderita sariawan.

Posting Komentar untuk "Tanaman Kacapiring, Berkhasiat Mengobati Sariawan, Diabetes dan Demam"