Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Gempur Batu, Berkhasiat Obat Batu Ginjal, Kandung Kemih dan Empedu


Klasifikasi

 
Regnum : Plantae

Divisio : Spermatophyta

Sub divisio : Angiospermae

Classis : Dicotyledoneae
 
Sub classis : Sympetalae

Ordo : Rubiales

Familia : Rubiaceae

Genus : Borrirea
 
Species : Borreria hispidaSchum.

Nama Latin : Borreria hispida Schum.

Nama Indonesia : Gempur Batu

Nama daerah : Gempur Batu

Deskripsi :


Gempur batu merupakan salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan untuk obat penyakit.Tumbuhan ini dibudidayakan oleh masyarakat ditanam disekitar rumah.Tumbuhan gempur batu mempunyai Daun berbentuk tombak dan berakar, daun agak kasar.Bunga kecil-kecil warnanya putih.

Baca juga : Manfaat Jahe Kering, Pengolahan Bubuk, Awetan dan Minyak Jahe  

Penyebaran:


Famili Rubiaceae tersebar luas di seluruh dunia, dapat ditemukan di kawasan tropis dan subtropis.Ditemukan melimpah di Amerika Utara dan Asia Selatan.Kawasan Asia terdiri dari 135 genus yang mewakili seluruh vegetasi maupun tumbuhan bawah dari dataran rendah dan hutan hujan. Jenis ini juga tumbuh liar di pematang sawah, tebing-tebing sungai, pinggir jalan, kebun atau di padang rumput.Tumbuh liar di hutan, di ladang pada tanah agak lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl.

Manfaat


Bagian daun dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sebgai berikut :

1) Menghancurkan batu ginjal, kandung kemih, dan empedu

Caranya :

Cuci bersih 4 raining gempur batu dan 7 batang tanaman meniran beserta akarnya. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.Lakukan secara rutin selama 1 bulan.

Baca juga : Manfaat Jinten (Trachyspermum Roxburghianum) untuk Obat Tradisional  

2) Obat luar untuk diare

Caranya :

Cuci bersih batang dan daun gempur batu segar, masing-masing secukupnya, lalu giling halus bersama buah adas secukupnya. Tapalkan hasil gilingan yang telah halus pada bagian perut.


 
3) Susah kencing

Caranya :

Cuci bersih 15 g daun segar lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit sampai mendidih. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

4) Batu empedu

Caranya :

Herba gempur batu segar 2 genggam; Air 110 ml, Dibuat infus atau pipisan, Diminum 2 kali sehari tiap kali minum 100 ml; Apabila dibuat pipisan diminum 2 kali sehari; tiap kali minum 1/4 cangkir.

5) Batu ginjal

Caranya:

Herba gempur batu segar 2 genggam; Herba meniran segar 7 pohon; Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 2 kali sehari; pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml.

Posting Komentar untuk "Tanaman Gempur Batu, Berkhasiat Obat Batu Ginjal, Kandung Kemih dan Empedu"