Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Srikaya (Annona Sqamosa), Berkhasiat sebagai Anti Bakteri dan Kuman


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi :Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Ordo : Annonales

Famili : Annonaceae

Genus : Annona Spesies :Annona sqamosa L

Nama latin : Annona sqamosa L.

Nama Inggris : Sweetsop

Nama Indonesia : Srikaya

Nama daerah : Sarikayo (Minangkabau)

Deskripsi


Tanaman ini berupa perdu sampai pohon dan merupakan tanaman berumah satu. Daunnya berbentuk elips, dengan bunga tungagal, buah majemuk agregat berbentuk bulat membengkok di ujung pada waktu masak sedikit atau banyak melepaskan diri satu dengan yang lain, daging buah putih keabuabuan. Biji dalam satu buah agregat banyak hitam mengkilat.

Baca juga : Jenis Tumbuhan Bahan Pakan Sumber Energi  

Penyebaran


Tumbuhan ini berasal dari Hindia Barat dan dapat menghasilkan buah setelah berumur 3-5 tahun. Srikaya banyak tumbuh di benua Amerika terutama kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah ini juga tumbuh di Asia tropis diantaranya Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Di Indonesia, tanaman srikaya umumnya ditanam di pekarangan, dibudidayakan ataupun tumbuh secara liar, dan bisa ditemukan sampai ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut.


Manfaat


Buah dan kulit batang srikaya berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, diare, disentri akut, luka berdarah gangguan pencernaan, serta efektif melawan berbagai jenis mematikan kutu kepala dan serangga. Ekstrak organic dan ekstrak air biji buah srikaya dapat menginduksi apoptosis sel tumor MCF-7 dan K-562.

Posting Komentar untuk "Srikaya (Annona Sqamosa), Berkhasiat sebagai Anti Bakteri dan Kuman"