Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Jahe (Zingiber Officinale), Berkhasiat untuk Menghangatkan Tubuh


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisio : Spermatophyta

Sub divisio : Aingiospermae

Classis : Monocotyledonae

Ordo : Zingiberales

Familia : Zingiberaceae

Genus : Zingiber

Species : Zingiber officinale

Nama Latin :Zingiber officinale

Nama Indonesia : Jahe

Nama daerah : Supadeh (bahasa minang)

Deskripsi


Akar jahe berbentuk rimpang (rhizoma). Rimpang (rhizoma) sesungguhnya adalah batang beserta daunnya yang terdapat di dalam tanah, bercabang-cabang dan tumbuhan mendatar, dan dari ujungnya dapat tumbuh tunas yang muncul di atas tanah dan dapat merupakan suatu tumbuhan baru. Rimpang (rizhoma) adalah penjelmaan batang dan bukan akar, dapat dilihat dari tanda-tanda berikut :

- Beruas-ruas, berbuku-buku, akar tidak bersifat demikian

- Berdaun, tetapi daunnya telah menjelma menjadi sisik – sisik

- Memiliki kuncup – kuncup

Batang yang tumbuh di atas tanah pada jahe merupakan batang semu yang terdiri dari pelepah daun yang berpadu, batang hijau muda berbentuk bulat dan sedikit keras.Tetapi pada saat tanaman jahe sudah tua, jahe memiliki batang sejati yang berwarna hijau, bulat dan keras yang bercirikan pada saat pelepah daun pada batang dikelupas, terdapat sisa batang yang tidak dapat di kelupas lagi.

Baca juga : Jeruk Nipis, Khasiat Membersihkan Nikotin dan Batu Ginjal   

Daun jahe merupakan daun tunggal dengan kedudukan daun berselang-seling teratur.Perbungaan pada jahe malai tersembul dari tanah.Berbentuk tongkat atau bundar telur yang sempit.Merupakan bunga majemuk.Bunga memiliki 2 kelamin dengan 1 benang sari dan 3 putik.Bunga daun pelindung berbentuk bundar telur terbalik, bundar pada ujungnya, tidak berbulu, berwarna hijau cerah.mahkota bunga berbentuk tabung, helaiannya agak sempit berbentuk tajam berwarna kuning kehijauan. Kepala sari berwarna ungu, tangkai putik ada 2.


Penyebaran


Dalam dunia perdagangan, penamaan jahe didasarkan kepada daerah asalnya, misal jahe Afrika, jahe Chochin atau jahe Jamika.Sejak 250 tahun yang lalu, jahe di Cina sudah digunakan sebagai bumbu dapur dan obat. Di Malaysia, Filipina, dan Indonesia jahe banyak digunakan sebagai obat tradisional. Sedangkan di Eropa pada abad pertengahan, jahe digunakan sebagai aroma pada bir (Hardianto, 2005). Daerah utama produsen jahe di Indonesia adalah Jawa Barat (Sukabumi, Sumedang, Majalengka, Cianjur, Garut, Ciamis dan Subang), Banten (Lebak dan Pandeglang), Jawa Tengah (Magelang, Boyolali, Salatiga), Jawa Timur (Malang Probolinggo, Pacitan), Sumatera Utara (Simalungun ), Bengkulu dan lain-lain.

Manfaat


Manfaat jahe dapat digunakan untuk dijadikan sebagai penghangat tubuh. Terlebih pada cuaca yang dingin atau sedang hujan terus menerus. Sangat cocok untuk mengkonsumsi jahe supaya tubuh menjadi lebih hangat. Jahe juga sering dibuat sebagai wedang yang dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh

Posting Komentar untuk "Manfaat Jahe (Zingiber Officinale), Berkhasiat untuk Menghangatkan Tubuh "