Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Pepaya, Berkhasiat Mengobati Malaria, Flu dan Keputihan


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisio : Spermatophyte

Classis : Dicotyledoneae

Ordo : Parietales

Familia : Caricaceae

Genus : Carica

Spesies : Carica papaya L.

Nama Latin : Carica papaya L.

Nama Inggris : Papaya

Nama Indonesia : Pepaya

Nama daerah : Kates, nukal

Deskripsi :


Tumbuhan terna atau berkayu dengan daun-daun yang berhadapan atau tersebar kebanyakan mempunyai daun penumpu. Bunga sebagaian besar banci, mempunyai kelopak dan mahkota yang berbilangan 5, imbrikata, stamen sebanyak petal atau lebih, ovarium biasanya 3 karpel. Pohon dengan kayu yang lunak sering dioceus atau monoceus, bergetah seperti susu, batang jarang bercabang, daun berkumpul diujung batang, tersebar, palmati lobus, besar dengan tangkai yang panjang. Bungan uniseksual atau biseksual, biasanya ada 4 tipe. Bunga jantan tidak bertangkai pada pohon jantan, racemus dengan panjang 3-10 atau lebih, stamen 10 dalam 2 lingkaran, terdapat pistilum yang rudimenter. Bunga betina dengan sedikit bertangkai, terdapat pada pohon betina, tunggal atau corimbus, diketiak daun, corolla gamopetalus dengan panjang 3 cm, ovarium besar stigma 5 tidak bertangkai. Buah bulat. Bunga banci tipe buah memanjang buga majemuk yang panjangnya 6-10 cm, 5-6 bunga dalam corymbus, korola gamopetalus, stamen 10 bersatu petal. Polygamus ada bunga jantan dan betina, bunga banci pada satu pohon.

Baca juga : Mekanisme Pembentukan in-situ Gel, Sistem Berbentuk Cair (liquid) pada Suhu Ruangan   

Penyebaran :


Berasal dari Meksiko bagian Selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan Hindia Barat bahkan kawasan Kosta Rika dan kini mernyebar luas dan banyak di tanam diseluruh daerah tropis. Tumbuhan ini banyak tumbuh di dataran rendah hingga 1.000 m diatas permukaan laut, terutama didaerah subur.


Manfaat :


Manfaatnya untuk kesehatan, sebagai obat dll. Diantaranya yaitu kulit melepuh karena panas, malaria dan demam, mengobati gigitan ular berbisa, mengatasi rambut beruban, buang air besar tidak teratur, merangsang nafsu makan, mengobati flu, mencegah demam nifas, melancarkan air seni dan mengeluarkan batu ginjal, mengobati hipertensi, mengobati keputihan, mengatasi diare, menghilangkan jerawat, melancarkan haid, melancarkan ASI, pengobatan luka bakar, mengobati kutil, tumit pecah-pecah, mengobati sakit gigi.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Pepaya, Berkhasiat Mengobati Malaria, Flu dan Keputihan"