Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Belimbing (Averrhoa Carambola), Berkhasiat Mengobati Bisul, Demam dan Batuk


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisio : Spermatophyte

Classis : Dicotyledoneae

Ordo : Oxalidales

Familia : Oxalidaceae

Genus : Averrhoa

Spesies : Averrhoa carambola L.

Nama Latin :Averrhoa carambola L.

Nama Inggris : Star fruit

Nama Indonesia : Belimbing

Nama daerah :Balimbiang

Deskripsi :


Tanaman belimbing adalah jenis tanaman yang berbentuk pohon yang tiggi. Batangnya keras dan kuat. Seperti tanaman pohon pada umumnya. Jenis akar nya adalah akar tunggang. Memiliki percabangan yang banyak, arahnya agak mendatar sehingga pohon ini terlihat rindang. Tanaman belimbing juga berbunga sepanjang tahun sehingga buahnya tidak memiliki musim. Daun belimbing adalah daun majemuk yang menyirip ganjil dengan anak daun yang yang berbentuk seperti bulat telur. Daunnya mempunyai ujung runcing, bagian tepi rata, permukaaan bagian atas mengkilap dan permukaan bawah buram. Panjangnya sekitar 1,75 cm sampai 9 cm dengan lebar 1,25 hingga 4,5 cm.

Baca juga : Praktek Keperawatan, Liabilitas dan Dasar Hukum Perundang-undangan   

Bunga belimbing merubapakan bagian bunga majemuk yang tersusun dengan baik, warnanya merah keunguan, muncul dari katiak daun dan diujung cabang. Ada juga yang keluar dari dahannya. Bunga belimbing termasuk hermaprodit. Didalamnya terdapat benang sari dan putik. Penyerbukannya yaitu dengan perantara binantang. Biasanya dibantu oleh lebah.

Buah belimbing adalah buah buni yang berusuk lima, jika dipotong-dipotong melintang akan berbentuk seperti bintang. Panjang buahnya kira-kira 4 cm sampai 12,5 cm. Daging buah belimbing mengandung banyak air dan saat buah matang warnanya kuning. Rasanya manis sampai asam. Tanaman belimbing akan berbuah setelah berusia 2-5 tahun.

Biji buahnya bewarna putih kecoklatan, berbentuk elips dengan kedua ujung lancip. Biji buah belimbing memiliki 2 lapisan, yaitu lapisan luar yang bewarna cokelat, dan lapisan dalam yang bewarna cokelat tua.

Penyebaran :


Berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii. Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat.

Manfaat :


Digunakan sebagai tanaman obat, mengobati sakit ginjal, mencegah penyerapan kolesterol, obat antimalaria, maag, bisul, rematik, demam, bisul, sakit tenggorokan maupun batuk. Selain itu, belimbing juga sangat ampuh mencegah penyakit diabetes. Penangkal Berbagai Radikal Bebas Penyebab Kanker. Ini dikarenakan, belimbing merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan didalamnya. Membantu Menurunkan Berat Badan Anda. Buah belimbing memiliki kandungan kalori sejumlah 30 kalori per buahnya. Jadi sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, dengan menyediakan buah ini dalam menu makanan harian anda. 



Mencegah Penyakit Jantung Maupun Stroke. Berbagai kandunagan vitamin dalam belimbing yang telah disebutkan diatas dapat membantu untuk mencegah datangnya berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan stroke. Pencegah Rambut Rontok Yang Efektif. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dari buah belimbing dapat menutrisi setiap helai rambut dan menghindarkan dari gejala kerontokkan pada rambut kepala anda.

Posting Komentar untuk "Manfaat Belimbing (Averrhoa Carambola), Berkhasiat Mengobati Bisul, Demam dan Batuk"