Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Legundi (Vitex Trifolia), Mengobati Rematik, Memar dan Keseleo


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisio : Spermatophyte

Classis : Dicotyledoneae

Ordo : Lamiales

Familia : Verbenaceae

Genus : Vitex

Spesies : Vitex trifolia

Nama Latin : Vitex trifolia

Nama Inggris : Common blue vitex

Nama Indonesia : Legundi

Nama daerah : Lagundi

Deskripsi :


Pohon jarang sebagai semak merayap, tajuk tidak beraturan, aromatik, tinggi 1-4 m. Batang pokok jelas, kulit batang coklat muda-tua, batang muda segi empat, banyak bercabang. Daun majemuk menjari, duduk, daun berhadapan, anak daun 1-3, daun ke 2 dan 3, duduk, anak daun ujung bertangkai kurang dari 0,5 cm, helaian bulat telur-elip-bulat memanjang bulat telur terbalik, anak daun terbesar 49,5 x 1,75-3,75 cm, yang berdaun satu 2-6,5 x 1,25-3,5 cm. Bunga susunan majemuk malai, dengan struktur dasar menggarpu, malai 3,5-24 cm, garpu 2-6,5 cm, 3-15 bunga, rapat dan berjejal. Tinggi daun kelopak 3-4,5 mm. Tabung mahkota 7-8 mm., diameter segmen median dari bibir bawah 4-6 mm. Benan sarinya 4 dekat pertengahan tabung mahkota, panjang dua. Putik: bakal buah sempurna 2 ruang, perruang 2 bagian, bakal biji duduk secara lateral, tangkai putik; rambut, ujung bercabang dua. Buah tipe drupa, duduk, berair atau kering, dinding keras. Daun majemuk, anak daun median menjorong-melonjong sampai membulat telur sungsang, anak daun lateral duduk atau agak duduk. Perbungaan terbatas aksiler dan terminal, tersusun dalam malai, mahkota biru sampai ungu atau violet.Buah membulat sampai membulat telur, hitam atau hitam-kebiruan saat matang.

Baca juga : Denaturasi Protein, Struktur, Karakteristik dan Ciri-ciri   

Penyebaran :


Dari Afrika Selatan, Madagaskar dna Mauritius sampai Afghanistan, India, Sri Lanka, Myanmar, Indo-Cina, Jepang, Thailand, seluruh Malaysia, keselatan Australia Utara dan ke timur ke Kaledonia baru.


Manfaat :


Manfaat Vitex trifolia hampir sama dengan Vitex negundo. Tapal daunnya untuk rematik, luka memar, biji kemaluan yang bengkak, dan keseleo. Infusi dari akar yang telah direbus merupakan diuretik, dan banyak diminum saat demam dan setelah melahirkan. Di Malaysia, berbagai bagian tumbuhan dipandang sebagai obat mujarab untuk berbagai penyakit dari sakit kepala sampai tuberkulosis. Di Indonesia, daunnya dipakai untuk mandi dan daun yang dilarutkan dalam alkohol atau air rebusannya digunakan untuk gangguan usus, dan buahnya digunakan sebagai antelmintik. Di Kepulauan Bismarck, air dari daun yang telah dipanaskan dan dihancurkan, diencerkan dengan air dan diminum untuk obat sakit kepala. Di Vietnam, rebusan buah yang telah dikeringkan untuk menyembuhkan flu, sakit kepala, mata yang berair dan radang/bengkak payudara. Di Thailand, buahnya untuk menyembuhkan batuk asma dan wasir, dan akarnya untuk menyembuhkan penyakit hati. Vitex trifolia sering dimanfaatkan sebagai tanaman pagar, walaupun dapat memicu berbagai gejala alergi (bersin, gangguan pernafasan, pusing, sakit kepala, mual) bagi orang yang memangkas tanaman pagar tersebut.

Posting Komentar untuk "Khasiat Legundi (Vitex Trifolia), Mengobati Rematik, Memar dan Keseleo"