Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Ketumbar (Coriandrum Sativum), Obat Osteoporosis dan Kembung


Klasifikasi


Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Bangsa : Apiales

Suku : Apiaceae

Marga : Coriandrum

Jenis :Coriandrum sativum Linn.

Nama latin : Coriandrum sativum Linn.

Nama Inggris : Coriander

Nama Indonesia : Ketumbar

Nama daerah : Katumba (Padang)

Deskripsi


Tanaman ketumbar berupa semak semusim, dengan tinggi sekitar satu meter. Akarnya tunggang bulat, bercabang dan berwarna putih. Batangnya berkayu lunak, beralur, dan berlubang dengan percabangan dichotom berwarna hijau. Tangkainya berukuran sekitar 5-10 cm. Daunnya majemuk, menyirip, berselundang dengan tepi hijau keputihan. Buahnya berbentuk bulat, waktu masih muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna kuning kecokelatan. Bijinya berbentuk bulat dan berwarna kuning kecokelatan

Baca juga : Kunyit, Bentuk Tanaman, Manfaat dan Klasifikasi  

Penyebaran


Tanaman ketumbar (Coriandrum sativum Linn) diduga berasal dari sekitar Laut Tengah dan Kaukasus di Timur Tengah. Biji ketumbar di sana yang dikeringkan dinamakan fructus coriandri.

Manfaat


  • Melancarkan sistem pencernaan
Berbagai minyak esensial dan asam lemak yang terdapat dalam ketumbar dapat membuat sistem pencernaan lebih lancar.


 Baca juga : Kencur, Klasifikasi, Penyebaran, Manfaat dan Nama Latin

  • Mengobati perut kembung dan begah
Berbagai minyak esensial dan asam lemak tersebut selain untuk melancarkan sistem pencernaan, ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengobati perut yang terasa begah dan kembung.

  • Meredakan sembelit
Kandungan serat yang terdapat dalam ketumbar dapat membantu meningkatkan penyerapan makanan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga bisa juga untuk membantu mencegah sekaligus bisa untuk meredakan sembelit.

  • Membantu menurunkan kolesterol jahat
Kandungan serat di dalam biji ketumbar dapat mengikat garam yang dihasilkan oleh kolesterol. Ini artinya kandungan biji ketumbar yang satu ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh.

  • Mencegah osteoporosis
Daun ketumbar merupakan tanaman herbal yang paling tinggi akan vitamin K. Vitamin K mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan massa tuang dan membantu menjaga kekuatan tulang. Ini artinya, daun ketumbar dapat menjadi salah satu rempah yang sangat recommended untuk memerangi osteoporosis.

Posting Komentar untuk "Khasiat Ketumbar (Coriandrum Sativum), Obat Osteoporosis dan Kembung"