Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kencur, Klasifikasi, Penyebaran, Manfaat dan Nama Latin


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Kelas : Monocotyledoneae

Ordo : Zingiberales

Famili : Zingiberaceae

Genus :Kaempferia

Spesies :Kaempferia galanga L.

Nama latin : Kaempferia galanga L.

Nama Inggris :Greater, galingale

Nama Indonesia : Kencur

Nama daerah : Cakue (Minangkabau)

Deskripsi


Merupakan terna tahunan, berbatang basal tidak begitu tinggi, lebih kurang 20 cm. Tumbuh dalam rumpun.

Daun tunggal, berwarna hijau dengan pinggir merah kecoklatan bergelombang. Bentuk daun jorong lebar sampai bundar, ujung runcing, pangkal berlekuk, dan tepinya rata. Permukaan daun bagian atas tidak berbulu, sedangkan bagian bawah berbulu halus. Tangkai daun pendek, pelepah terbenam dalam tanah, , berwarna putih.

Baca juga : Cara Memberi Obat yang Tepat, Tepat Waktu, Pasien, Dosis dan Rute  

Bunga tunggal, bentuk terompet. Benang sari panjang, berwarna kuning. Putik berwarna putih atau putih keunguan.

Akar serabut berwarna coklat kekuningan. Rimpang pendek berwarna coklat, berbentuk jari dan tumpul. Bagian luarnya seperti bersisik. Daging rimpang tidak keras, rapuh, mudah patah dan bergetah. Berbau harum dengan rasa pedas yang khas.

Penyebaran


Tumbuh liar di tepi-tepi kebun, namun sekarang sudah banyak yang dibudidayakan, bahkan secara monokultur. Tumbuh subur di daerah tropis, di daerah yang banyak turun hujan, di dataran rendah sampai pegunungan. Tumbuh subur pada tanah yang berwarna hitam dan berpasir, ditempat yang sedikit terlindung. Banyak dibudidayakan di Indonesia, terutama di pulau Jawa. Selain itu juga banyak ditanam di India, Malaysia, Taiwan, dan Cina.



Manfaat


Rimpang digunakan sebagai obat gosok pada bengkak yang disebabkan oleh terkilir (keseleo) atau terpukul benda tumpul, serta untuk encok atau rematik. Selain itu juga digunakan untuk mengobati masuk angin (sebagai flatulens), radang lambung, kejang perut, mual, diare, penawar racun, serta sebagai obat batuk. Juga dipakai untuk mengobati infeksi telinga, sakit kulit, bisul, dan sebagai roboransia. Kencur kadang-kadang juga dipakai sebagai bioinsektisida.

Posting Komentar untuk "Kencur, Klasifikasi, Penyebaran, Manfaat dan Nama Latin"