Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Inggu (Ruta Angustifolia), Obat Kejang, Penurun Panas dan Demam


Klasifikasi

 
Regnum : Plantae

Divisio : Spermatophyta

Sub divisio : Angiospermae

Classis : Dicotyledoneae
 
Sub classis : Dialypetalae

Ordo : Geraniales

Familia : Rutaceae

Genus : Ruta
 
Spesies : Ruta angustifolia (L.) Pers.

Nama Latin : Ruta angustifolia (L.) Pers.

Nama Inggris : Common rue herb

Nama Indonesia : Inggu

Nama daerah : Aruda (Sumatera)

Deskripsi


Habitus semak, tinggi mencapai ± 1,5 m. Memiliki akar tunggang, bulat, bercabang, dan berwarna putih kekuningan. Memiliki batang yang berkayu, bulat, percabangannyasimpodial, dan warna batangnya berwarna hijau muda. Memiliki daun majemuk, anak daunnya lanset atau bulat telur, memiliki pangkal yang runcing, ujung daunnya tumpul, tepi daun rata, panjang daun sekitar 8-20 mm, sedangkan lebar daunnya 2-6 mm, daunnya berwarna hijau, serta pertulangan daunnya jelas. Memiliki bunga yang mejemuk, kelopak berbentuk segitiga, bunganya berwarna hijau, memiliki putik satu kuning, benang sarinya delapan, duduk pada dasar bunga, kepala sarinya berwarna kuning dan memiliki bentuk seperti mangkok.Memiliki buah yang kecil, lonjong, terbagi menjadi 4 kotak, dan buahnya berwarna cokalat.Sedang bijinya berbentuk seperti ginjal, kecil dan berwarna hitam.

Baca juga : Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa), Kandungan Zat Aktif dan Khasiat untuk Kesehatan 

Penyebaran


Inggu (Ruta angusttifolia), tanaman ini berasal dari dunia bagian Eropa Selatan dan Afrika Utara. Di Indonesia, tanaman inggu banyak tumbuh di daerah jawa yang sengaja ditanam oleh warga di perkebunannya sendiri.Cara memperbanyak tanaman ini adalah dengan cara penyebaran biji dan juga stek batang.


Manfaat


Daun Ruta angustifolia berkhasiat sebagai obat pening, obat demam, obat kejang dan obat penurun panas. Untuk obat pening dipakai ±5gram daun segar Ruta angustifolia, dicuci, ditumbuk sampai lumat, kemudian dibagi dua bagian yang sama ditempelkan pada ke dua pelipis kanan dan kiri. Untuk obat demam, obat kejang, dan obat penurun panas daunnya dapat direbus kemudian airnya dipergunakan untuk mandi.Air ini dapat menyegarkan badan. Daunnya pun dapat ditambah dengan cuka, bawang merah, dan bengle.Semua bahan tersebut digiling dan dipergunakan sebagai obat kompresnya.

Posting Komentar untuk "Khasiat Inggu (Ruta Angustifolia), Obat Kejang, Penurun Panas dan Demam"