Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa), Kandungan Zat Aktif dan Khasiat untuk Kesehatan



Pohon Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Asalnya dari Papua/Irian Jaya.

Buah mahkota dewa mengandung beberapa zat aktif seperti:

  • Alkaloid, bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh
  • Saponin, yang bermanfaat sebagai:
  1. sumber anti bakteri dan anti virus
  2. meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  3. meningkatkan vitalitas
  4. mengurangi kadar gula dalam darah
  5. mengurangi penggumpalan darah
  • Flavonoid
  1. melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah
  2. mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah
  3. mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner
  4. mengandung antiinflamasi (antiradang)
  5. berfungsi sebagai anti-oksidan
  6. membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan
  • Polifenol
  1. berfungsi sebagai anti histamin (antialergi)

Tanaman atau pohon mahkota dewa seringkali ditanam sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter, mempunyai buah yang berwarna merah menyala yang tumbuh dari batang utama hingga ke ranting. Untuk memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa, dapat dilakukan pengawetan dengan beberapa cara antara lain pendinginan, pengalengan, dan pengeringan. Pengeringan yang dilakukan pada buah mahkota dewa bertujuan mengurangi kadar air dalam bahan, sehingga air yang tersisa tidak dapat digunakan sebagai media hidup mikroba perusak yang ada di dalam bahan tersebut, dengan kata lain dapat memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa tersebut. Kondisi pengeringan yang tepat akan menentukn mutu hasil pengeringan yang tinggi.



Nama Lain
  • Makuto Rojo
  • Makuto Ratu
  • Obat Dewa
  • Pau (Obat Pusaka)
  • Crown of God
  • Boh Anggota Dewan
  • Simalakama (bahasa malayu)

Kandungan Mahkota Dewa

Zat yang terkandung dalam buah Mahkota dewa adalah alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol. Alkaloid, adalah detoksifikasi yang dapat menetralisir racun dalam tubuh. Saponin, yang berguna sebagai: sumber anti-bakteria dan anti-virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula darah, dan mengurangkan pembekuan darah. 

Flavonoid yang terkandung dalam buah Mahkota dewa berguna untuk peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangkan kadar kolesterol dan mengurangkan penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangkan kadar risiko penyakit jantung koroner, mengandungi anti-inflamasi (anti--inflamasi), anti-oksidan, dan membantu mengurangkan rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan. Sedangkan polyphenol Mahkota dewa berfungsi sebagai anti histamin (alergi).



Manfaat dan Khasiat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) adalah tanaman asli indonesia. Tanaman yang berasal dari Irian Jaya ini biasa dijadikan tanaman peneduh atau sekedar tanaman hias di pekarangan rumah dan banyak di gunakan sebagai obat obatan herbal. Biasanya pengawetan buah ini dilakukan dengan beberapa cara antara lain pendinginan, pengalengan, dan pengeringan. Pengeringan yang dilakukan pada buah mahkota dewa bertujuan mengurangi kadar air dalam bahan, sehingga air yang tersisa tidak dapat digunakan sebagai media hidup mikroba perusak yang ada di dalam bahan tersebut, dengan kata lain dapat memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa tersebut. Di Indonesia sendiri masyarakat indonesia biasa mengkonsumsi Buah mahkota dewa dengan menyeduh(di jadikan teh Mahkota dewa) buah mahkota dewa yang telah mengalami proses pengeringan



Khasiat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

  • Diabetes Mellitus
Cara pengolahan: - Ambil 5-6 mahkota dewa, potong dan cuci. - Rebus bahan dalam 5 gelas air, biarkan kaldu sampai 3 cangkir air limbah - Saring air rebusan, minum 3 kali sehari (masing-masing 1 cangkir)

  • Kanker dan Tumor
Cara pengolahan: - Campur 5 gram daging kering dari tanah mahkota dewa dengan 15 biji putih, 10 gram dan 15 gram kaki ayam kering kering asam, cuci semua bahan - Rebus semua bahan dalam 5 gelas air, biarkan kaldu untuk 3 cangkir air limbah - saringan kaldu, tunggu sampai dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Bahan minum satu jam sebelum makan
  • Hepatitis
Cara pengolahan: - Campur 5 gram daging kering mahkota dewa 15 gram dengan Asia Canella, 10 g dan 15 g daun sambiloto kering ,cuci semua bahan - Rebus semua bahan dalam 5 gelas air , biarkan kaldu untuk 3 cangkir air limbah - saringan kaldu, tunggu sampai dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Baca juga : Bahan Pakan Sumber Mineral dan Vitamin  
  • Rematik dan asam urat
Cara pengolahan: - Mix 5 g daging buah mahkota dewa, sidaguri akar 15 g, 10 g sambiloto kering, cuci semua bahan - Rebus semua bahan dalam 5 gelas air, biarkan kaldu untuk 3 cangkir air limbah - Ayak kaldu, biarkan dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Bahan minum satu jam sebelum makan.

Posting Komentar untuk "Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa), Kandungan Zat Aktif dan Khasiat untuk Kesehatan"