Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat dan Manfaat Jagung, Obat Infeksi Saluran Kemih dan Diare


Klasifikasi

 
Regnum : Plantae

Divisio : Spermatophyta

Sub divisio : Angiospermae

Classis : Monocotyledoneae

Ordo : Poales

Familia : Poaceae

Genus : Zea

Spesies : Zea maysL.

Nama Latin :. Zea mays L.

Nama Indonesia : Jagung

Nama daerah : Jaguang (bahasa minang)

Deskripsi


Jagung merupakan tanaman semusim (annual).Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari. Meskipun tanaman jagung umumnya berketinggian antara 1 m sampai 3 m, ada varietas yang dapat mencapai tinggi 6 m. Akar jagung tergolong akar serabut yang dapat mencapai kedalaman 8 m meskipun sebagian besar berada pada kisaran 2 m. Batang beruas-ruas. Ruas terbungkus pelepah daun yang muncul dari buku.Batang jagung cukup kokoh namun tidak banyak mengandung lignin.Batang jagung tegak dan mudah terlihat, sebagaimana sorgum dan tebu, namun tidak seperti padi atau gandum.Terdapat mutan yang batangnya tidak tumbuh pesat sehingga tanaman berbentuk roset.permukaan yang halus sampai berbulu. Batang tidak memiliki tangkai.

Daun jagung adalah daun sempurna.Bentuknya memanjang.Antara pelepah dan helai daun terdapat ligula.Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun.Permukaan daun ada yang licin dan ada yang berambut.Stoma pada daun jagung berbentuk halter.Warna hijau tua dengan permukaan yang berbulu.Bunga betina jagung berupa "tongkol" yang terbungkus oleh semacam pelepah dengan "rambut".Rambut jagung sebenarnya adalah tangkai putik.Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah (diklin) dalam satu tanaman (monoecious).Tiap kuntum bunga memiliki struktur khas bunga dari suku Poaceae, yang disebut floret.Pada jagung, dua floret dibatasi oleh sepasang glumae (tunggal: gluma).Bunga jantan tumbuh di bagian puncak tanaman, berupa karangan bunga (inflorescence).Serbuk sari berwarna kuning dan beraroma khas.

Baca juga : Sambiloto (Andrographis Paniculata), Tanaman Obat Mujarab untuk Berbagai Penyakit 

Penyebaran


Berdasarkan bukti genetik, antropologi, dan arkeologi diketahui bahwadaerah asal tanaman jagung adalah Amerika Tengah (Meksiko bagianselatan), kemudian dibawa ke Amerika Selatan (Ekuador) sekitar 7.000 tahunyang lalu, dan mencapai daerah pegunungan di selatan Peru sekitar 4.000tahun yang lalu.


Manfaat


  • Daun jagung bisa mengobati penyakit infeksi dan batu saluran kemih
  • Tongkolnya bisa mengobati buang air kecil tidak lancar, bengkak dan diare
  • Akarnya untuk rnengobati buang air yang tidak lancar, infeksi dan batu saluran kemih, dan batuk darah.
  • Rambut jagung bisa untuk mengobati penyakit kencing manis, batuk darah, mimisan, radang payudara, infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi saluran dan kantung empedu, batu empedu dan hepatitis.

Posting Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Jagung, Obat Infeksi Saluran Kemih dan Diare"