Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Alang-alang (Imperata Cylindrica), Obat Panas Dalam, Kencing Darah dan Mimisan


Klasifikasi


Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Monocotyledoneae

Bangsa : Poales

Suku : Poaceae

Marga : Imperata

Jenis : Imperata cylindrica L.

Nama latin : Imperata cylindrica L.

Nama Inggris : bladygrass

Nama Indonesia : Alang-alang

Nama daerah : Lalang (Melayu), Rih (Batak)

Deskripsi


Rimpang yang tumbuh secara agresif, tumbuhan tahunan (perennial) yang kuat dengan percabangan terbenam dalam tanah (yang panjangnya dapat mencapai 1 m), berdaging, rimpangnya bersisik, daun-daun tersusun kompak atau tersebar. Rumpun tumbuh tegak, tingginya dapat mencapai 0.1-1.2(-3 m), terdapat 1-4(-8) nodus di tiap rumpun, rumpun tidak bercabang, solid dan biasanya terdapat rambut di tiap nodus. Tepi daun diselubungi rambut, pangkal daun lebih lebar dan di bagian ujungnya menyempit; terdapat lapisan ligula, panjangnya 1 mm; daun memiliki bangun garis-lanset, panjang 10-180 cm dan lebar 5-25 mm, pipih, lurus, terdapat rambut-rambut panjang yang halus di bagian pangkal daun. Perbungaan majemuk berbentuk bulir majemuk (a spiciform panicle), silindris, panjang 6-30 cm dan lebar 2 cm; spikelet berpasangan, bunga banci, panjang tiap bunga 3-6 mm; tangkai bunga tidak sama ukurannya, panjangnya dapat mencapai 1 mm; benang sari 2, kepala sari oranye atau ungu; kepala putik 2 berwarna ungu.

Baca juga : Tanaman Bahan Pakan Unggas Sumber Mineral  

Penyebaran


Alang-alang merupakan tumbuhan asli dari daerah tropis Dunia Lama dan tersebar luas di seluruh kawasan tropis dan sub-tropis Asia Tenggara, Afrika, sub-kontinental India dan Australia. Dalam jumlah yang kecil penyebarannya hingga ke Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Penyebarannya juga mencapai kawasan beriklim sedang-hangat di New Zealand dan Jepang.


Manfaat


  • Meredakan panas dalam
Alang-alang dapat digunakan untuk meredakan panas dalam. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengambil umbi akar alang-alang secukupnya.
  • Mengatasi Sakit Ginjal
Akar alang-alang ampuh untuk mengatasi sakit ginjal.
  • Mengobati Mimisan
Umumnya masyarakat mengenal manfaat sirih sebagai obat alami mimisan. Akan tetapi, akar alang-alang dapat digunakan sebagai pengobatan mimisan.
  • Mengobati kencing darah
  • Obat muntah darah

Posting Komentar untuk "Khasiat Alang-alang (Imperata Cylindrica), Obat Panas Dalam, Kencing Darah dan Mimisan"