Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kacang Almond, Manfaat, Khasiat, Kandungan Gizi dan Nutrisi


KACANG ALMOND DAN MANFAATNYA


Penulis akan lebih membahasa tentang kacang almond. Kacang almond adalah kacang yang kaya dengan vitamin dan nutrisi. Kacang almond memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan kacang tanah dan kacang yang lainnya. Kandungan di dalam kacang almond sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Oleh sebab itu tidak jarang jika banyak yang memilih mengkonsumsi kacang almond untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya.

Kacang Almond mempunyai harga dan kualitas lebih mahal, jika dibandingkan dengan jenis kacang lain. Dikarenakan kacang tersebut tidak dapat diperoleh dan dihasilkan di Indonesia serta berbeda halnya dengan kacang mede yang mudah ditemukan negara kita. Walaupun kacang mede ini juga mempunyai harga yang termasuk mahal, akan tetapi produksinya di Indonesia varietasnya masih begitu mudah untuk ditemukan di Indonesia.

Baca juga : Cara Membuat Bahan Pakan Non-Konvensional  

Untuk kacang Almond sendiri adalah sebuah kacang yang lahir dari Timur Tengah. Banyak warga Timur Tengah yang menganggap pohon tersebut bukan kacang, namun merupakan sebuah pohon buah dengan biji yanng ada di dalamnya. Kulit yang ada di luar dari buah ini merupakan cangkang yang begitu keras.

Kacang almond merupakan kacang yang menyediakan berbagai macam nutrisi penting untuk tubuh. Almond memiliki dua jenis varietas yaitu almond dengan rasa pahit dan juga almond dengan rasa yang manis. Banyak yang menjadikan kacang almond manis sebagai camilan, sedangkan industri banyak yang menjadikan kacang almond dengan varietas pahit sebagai minyak kacang almond.

Para peneliti telah melakukan studi yang telah menemukan beberapa fakta gizi yang menakjubkan tentang almond. Anda mungkin sudah tahu bahwa almond mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Akan tetapi, ternyata almond juga dilengkapi dengan segudang nutrisi penting lainnya, mulai dari vitamin, mineral, protein, serat, dan tentu saja asam lemak sehat. Semua nutrisi penting tersebut merupakan antioksidan yang sangat baik untuk membantu Anda menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga mampu membantu melawan kanker dalam tubuh.

Almond juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti oleat dan palmitoleat untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Dan itu berarti bahwa almond dapat mencegah penyakit jantung koroner dan stroke.

Taburkan almond cincang pada oatmeal atau roti gandum Anda dalam menu sarapan Anda. Atau konsumsilah segenggam almond panggang untuk menu snack kaya protein Anda. Masukkan almond ke dalam menu harian Anda dan sertakan manfaat gizinya untuk kesehatan Anda, bahkan untuk membantu Anda menurunkan berat badan maupun membentuk otot.



Kacang Almond, Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)


Energi 2.418 kJ (578 kcal)

Karbohidrat 20 g

- Gula 5 g

- Dietary fibre 12 g

Lemak 51 g

- tak jenuh 4 g

- tak jenuh tunggal 32 g

- tak jenuh majemuk 12 g

Protein 22 g

Thiamine (Vit. B1) 0.24 mg (18%)

Riboflavin (Vit. B2) 0.8 mg (53%)

Niacin (Vit. B3) 4 mg (27%)

Asam Pantothenat (B5) 0.3 mg (6%)

Vitamin B6 0.13 mg (10%)

Folat (Vit. B9) 29 mg (7%)

Kalsium 248 mg (25%)

Zat Besi 4 mg (32%)

Magnesium 275 mg (74%)

Fosfor 474 mg (68%)

Kalium 728 mg (15%)

Seng 3 mg (30%)

Berikut ini berbagai macam manfaat kacang almond untuk kesehatan :


1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kacang almond bermanfaat untuk penderita kolesterol untuk menurunkan dan mengontrol kadar kolesetrol LDL di dalam tubuhnya. LDL ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis maupun non kronis. Cara penurunannya adalah kacang almond bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Tubuh dengan kadar HDL yang baik bagi kesehatan bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan sistem syaraf dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini fakta tentang kacang almond yang bisa menurunkan kadar LDL di dalam tubuh :

a. Almond kaya akan lemak tidak jenuh, lemak tidak jenuh tersebut bermanfaat untuk menurunkan LDL dan meningkatkan HDL.

b. Penelitian yang dilakukan oleh asosiasi kesehatan jantung Amerika, menemukan fakta bahwa konsumsi almond setiap harinya bisa menurunkan kolesterol jahat sebanyak 15 persen.

c. Kadar kolesterol yang diturunkan tergantung dengan jumlah banyaknya kacang almond yang masuk ke dalam tubuh.

d. Sebanyak 7 gram almond yang dikonsumsi bisa menurunkan kadar LDL sebanyak 1 persen. Kelipatan dari 7 gram bisa menurunkan kadar LDL lebih banyak lagi.

Baca juga : Buku Guru dan Siswa PJOK Kelas 9 Revisi 2018  

2. Mengontrol Diabetes

Meski kacang almond memiliki kandungan gula didalamnya, namun kacang ini bermanfaat untuk mengontrol kadar gula di dalam tubuh seseorang. Mengontrol kadar gula bisa menghindarkan penderita diabetes dari berbagai macam komplikasi yang dihasilkan oleh penyakit diabetes. Berikut ini fakta dari kacang almond bisa digunakan sebagai pengontrol diabetes :

a. Kandungan kacang almond berupa lemak sehat, lemak tidak jenuh, serat dan mineral bisa membuat tubuh menyerap glukosa dan mengolah glukosa secara cepat.

b. Penelitian yang dilakukan oleh Diabetes Care menunjukkan bahwa kacang almond bisa mengontrol diabetes dengan tipe 2, baik untuk pria maupun wanita. Khususnya bagi wanita yang telah mengalami masa menopause.

c. Konsumsi satu ons almond sebelum sarapan dan memakan makanan porsi besar bisa mempertahankan kadar gula yang sehat di dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Sayangnya kinerja organ jantung sering terganggu oleh berbagai penyakit. Misalnya saja diabetes, kolesterol jahat, hipertensi dan asam urat tinggi. Jika tidak segera diobati, penyakit jantung bisa menyebabkan serangan jantung koroner yang tiba-tiba, mendadak dan sekaligus mematikan. Menjaga kesehatan jantung lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Berikut ini fungsi kacang almond dalam menciptakan jantung yang sehat :

a. Magnesium yang terdapat di dalam kacang almond bermanfaat untuk melancarkan dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

b. Magnesium juga mengontrol pergerakan oksigen bersama dengan nutrisi ke jantung dan ke seluruh tubuh.

c. Ketika aliran darah lancar, aliran darah meningkat diikuti dengan pergerakan oksigen dan nutrisi bisa menyebabkan tekanan darah selalu normal. Tekanan darah yang normal bisa menyehatkan jantung.

d. Lemak tidak jenuh di dalam kacang almond juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung.

e. Vitamin E dan antioksidan yang tinggi bisa mencegah terjadinya peradangan pembuluh darah arteri dan kerusakan arteri. Arteri itu merupakan pembuluh darah yang vital bagi organ jantung. Jika arteri sehat, jantung pun akan sehat.


 
4. Diet

Salah satu manfaat kacang almond untuk kesehatan adalah bisa digunakan untuk diet. Nutrisi yang ada di dalam kacang almond bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Nutrisi pada kacang almond yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalah serat, lemak tak jenuh dan juga protein. Memakan kacang almond akan membuat rasa kenyang lebih lama. Untuk diet, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi almond. Cukup 1 ons per harinya saja.

5. Mengobati Maag

Maag bisa diobati dengan mengkonsumsi kacang almond. Hal itu dikarenakan kacang almond memiliki minyak yang tinggi. Kandungan minyak tersebut bisa menurunkan kadar asam lambung di dalam lambung.

Baca juga : Buku Siswa PJOK Edisi Kelas 9 2018 Revisi  

6. Membuat Kulit Sehat

Kulit yang bermasalah bisa diatasi dengan kacang almond. Kulit kering, bersisik, kusam dan berbagai masalah kulit bisa diatasi dengan kacang almond. Mengkonsumsi kacang almond secara teratur juga bisa membuat kulit menjadi awet muda. Kandungan vitamin E di dalam kacang almond juga bermanfaat untuk meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit. Vitamin E di dalam kacang almond bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV yang menyerang kulit.

7. Mencegah Radikal Bebas

Radikal bebas sangat tidak bersahabat dengan kecantikan. Radikal bebas yang mengenai kulit secara langsung bisa menyebabkan jerawat, flek hitam, minyak, komedo dan kanker kulit. Mengkonsumsi kacang almond secara teratur bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Jika radikal bebas bisa ditangkal, berbagai masalah kesehatan dan berbagai masalah kecantikan bisa dicegah.

Posting Komentar untuk "Kacang Almond, Manfaat, Khasiat, Kandungan Gizi dan Nutrisi"