Ads Header

Ikan Nilem (Osteochilus Hasselti), Morfologi dan Klasifikasi


Ikan Nilem ( Osteochilus hasselti )


Ikan Nilem, nilem mangut atau melem adalah sejenis ikan air tawar anggota dari suku Cyprinidae. Ikan herbivora ini diketahui menyebar di Asia Tenggara antara lain Tonkin, Siam ( Thailand ), Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra dan Jawa (Saanin, 1984). 

Ikan Nilem merupakan ikan budidaya untuk konsumsi, terutama di daerah Jawa. Selain itu menurut beberapa referensi lainnya, ikan Nilem dikenal dengan nama lehat, regis, milem, muntu, palung, palau, pawas, puyau, asang, penopa dan karper ( Saanin, 1984 ). Ikan ini selain berada di Kalimantan, Sumatra dan Jawa, juga berada di Sulawesi ( Djajadiredja, 1997 ). 




Klasifikasi ikan nilem adalah sebagai berikut :

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Pisces

Ordo : Ostariophysi

Famili : Cyprinidae

Genus : Osteochilus

Spesies : Osteochilus hasselti ( Saanin, 1984 )


Morfologi dari ikan nilem, ikan nilem mempunyai bentuk tubuh pipih, mulut dapat disembulkan. Posisi mulut terletak di ujung hidung ( terminal ). Posisi sirip perut terletak di belakang sirip dada ( abdominal). Ikan nilem tergolong bersisik lingkaran yang disebut sikloid. Rahang atas sama panjang atau lebih panjang dari diameter mata, sedangkan sungut moncong lebih pendek daripada panjang kepala. 

Permulaan sirip punggung berhadapan dengan sisik garis rusuk ke-8 sampai ke-10. Bentuk sirip dubur agak tegak, permulaan sirip dubur berhadapan dengan sisik garis rusuk ke-22 atau ke-23 di belakang jari-jari sirip punggung terakhir. Sirip perut dan sirip dada hampir sama panjang. Permulaan sirip perut dipisahkan oleh 4 – 4 1/2 sisik dari sisik garis rusuk ke-10 sampai ke-12. Sirip perut tidak mencapai dubur. Sirip ekor bercagak. Tinggi batang ekor hampir sama dengan panjang batang ekor dan dikelilingi oleh 16 sisik ( Weber dan Beaufort 1916 ). 



Menurut Hardjamulia (1979) ikan nilem berdasarkan warna sisiknya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu ikan nilem yang berwarna coklat kehitaman (ikan nilem yang berwarna coklat hijau pada punggungnya dan terang di bagian perut) dan ikan nilem merah (ikan nilem yang berwarna merah atau kemerah-merahan pada bagian punggungnya dan pada bagian perut agak terang) ( Hardjamulia, 1979 ).

Belum ada Komentar untuk "Ikan Nilem (Osteochilus Hasselti), Morfologi dan Klasifikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel