Ads Header

Diabetes Melitus, Cara Mengatur Kadar Gula dan Jenis Makanan


Mengatur Kadar Gula


Tujuan utama dari pengobatan diabetes adalah untuk mempertahankan kadar gula darah dalam kisaran yang normal. Kadar gula darah yang benar-benar normal sulit untuk dipertahankan, tetapi semakin mendekati kisaran yang normal, maka kemungkinan terjadinya komplikasi sementara maupun jangka panjang adalah semakin berkurang.

Pengobatan diabetes meliputi pengendalian berat badan, olah raga dan diet. Seseorang yang obesitas yang menderita diabetes tipe II tidak akan memerlukan pengobatan jika mereka menurunkan berat badannya dan berolah raga secara teratur. Tetapi kebanyakan penderita merasa kesulitan menurunkan berat badan dan melakukan olah raga yang teratur. Karena itu biasanya diberikan terapi sulih insulin atau obat hipoglikemik per-oral. 

Baca juga : Tanggung Jawab Profesi Perawat dalam Undang-undang No. 38 Tahun 2014

Pengaturan diet sangat penting. Biasanya penderita tidak boleh terlalu banyak makan makanan manis dan harus makan dalam jadwal yang teratur. Penderita diabetes cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi, karena itu dianjurkan untuk membatasi jumlah lemak jenuh dalam makanannya. Tetapi cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol adalah mengontrol kadar gula darah dan berat badan. 


Semua penderita hendaknya memahami bagaimana menjalani diet dan olah raga untuk mengontrol penyakitnya. Mereka harus memahami bagaimana cara menghindari terjadinya komplikasi. Mereka juga harus memberikan perhatian khusus terhadap infeksi kaki dan kukunya harus dipotong secara teratur. Penting untuk memeriksakan matanya supaya bisa diketahui perubahan yang terjadi pada pembuluh darah di mata.

Perencanaan Makanan


Standar yang dianjurkan adalah makanan yang berkomposi :
  • Karbohidrat : 60 – 70%
  • Protein : 10 -15%
  • Lemak : 20 -25%
Jumlah kalori disesuaikan dengan pertumbuhan, status gizi, umur, ada tidaknya stress akut dan kegiatan jasmani. Untuk penentuan status gizi, dapat dipakai Indeks Masa Tubuh ( IMT ) dan rumus Broca. Indeks masa tubuh dapat dihitung dengan rumus IMT = BB(kg) / TB(m2). Untuk menghitung kebutuhan kalori, dapat dipakai rumus Broca, yaitu : Berat Badan Idaman = ( TB – 100 ) – 10%.


Baca juga : Praktek Keperawatan, Liabilitas dan Dasar Hukum Perundang-undangan  

Klasifikasi IMT :
  • BB kurang < 18,5
  • BB normal 18,5 – 22,9
  • BB lebih ≥ 23,0
  1. Dengan risiko 23,0 – 24,9
  2. Obesitas I 25,0 – 29,9
  3. Obesitas II ≥ 30

Belum ada Komentar untuk "Diabetes Melitus, Cara Mengatur Kadar Gula dan Jenis Makanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel