Ads Header

Manfaat dan Kandungan Gizi Rumput sebagai Makanan Ternak



Rumput adalah tanaman yang banyak digunakan sebagai pakanan ternak.Hal tersebut dikarenakan rumput banyak memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan tanaman pakan ternak yang lain yaitu diantaranya: 

1. Sebagian besar rumput adalah palatabel bila umur belum tua. 
2. Hanya sedikit yang bersifat toksik. 
3. Kemampuan tumbuh baik, sehingga tenak ruminansia dapat mempertahankan hidup. 

Akan tetapi rumput juga masih mempunyai kekurangan yaitu diantaranya: 
1. Kandungan air sangat tinggi. 
2. Bagi ternak ruminansia menyebabkan kelebihan protein. 
3. Dapat menyebabkan mencret. 
4. Kandungan bahan kering rendah berakibat sukarnya penuhi energi secara maksimal. Rumput Raja atau Pennisetum Hibrida adalah salah satu dari sekian banyak jenis rumput yang digunakan para peternak untuk pakan teraknya. 


Rumput raja adalah persilangan antara Pennisetum Purpureum dengan Pennisetum Typoides. Adapun ciri- ciri dari rumput raja diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. tinggi dua sampai empat sentimeter 
2. panjang daun tujuh puluh sampai dengan seratus sentimeter 
3. lebar daun tiga sampai enam sentimeter 
4. batang tebal 
5. daun agak kesar 
6. defoliasi enam minggu 
7. berkembang biak dengan stek 
8. kandungan protein kasar 11, 02 %. 

Selain rumput raja, rumput yang juga banyak digunakan untuk pakan ternak adalah rumput gajah atau dengan bahasa latin Penisetum Purpureum dengan ciri- ciri diantaranya batang tebal dan keras, tumbuh setinggi 3- 4,5 meter, berkembang dengan stek, sobekan rumpun, masa efoliasi 6-8 minggu, produksi 150-200 ton/ha/tahun, analisa bahan kering 92%, TDN 49,9%, SK 40,82%, EE 4,24%, PK 10,79%. 

Perlu perhatian khusus untuk penanaman rumput ini yaitu apabila musim kemarau tiba rumput gajah paling banyak ditanam karena muah baradaptasi dengan tanah buruk. Rumput Belulang (Fleusin Indica) adalah sejenis tanaman gulma atau tanaman pengganggu. Oleh karena itu perlu dimanfaatkan sebagai pakan agar tidak tetap menjadi pengganggu. 



Pemberian rumput ini pada ternak cukup mudah, yaitu hanya dengan melepaskan ternak ke padang rumput yang tingginya sekitar 15 cm itu. Akan tetapi untuk memenuhi kebutuhan nutrient ternak tidaklah cukup dengan hanya menghandalkan rumput belulang ini sehingga perlu adanya pakan tambahan yang mencukupi kebutuhan nutrient ternak tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat dan Kandungan Gizi Rumput sebagai Makanan Ternak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel