Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jenis Penyakit Akibat Gizi Buruk (KKP), Marasmus, Kwashiorkor dan Marasmus-kwashiorkor



Gizi buruk atau kekurangan kalori protein (KKP). Ada 3 macam KKP :

1. Marasmus ialah suatu bentuk kurang kalori-protein yang berat. Keadaan ini merupakan hasil akhir dari interaksi antara kekurangan makanan dan penyakit infeksi.

Marasmus adalah suatu keadaan kekurangan kalori protein berat. Namun, lebih kekurangan kalori dari pada protein.

Secara garis besar sebab-sebab marasmus ialah sebagai berikut:

a) Masukan makanan yang kurang. Marasmus terjadi akibat masukan kalori yang sedikit, pemberian makanan yang tidak sesuai dengan dianjurkan akibat dari ketidaktahuan orang tua si anak; misalnya pemakaian secara luas susu kaleng yang terlalu encer.

b) Infeksi Infeksi yang berat dan lama menyebabkan marasmus, terutama infeksi enternal misalnya infantile gastroenteritis, bronchopneumonia, pielonephritis dan sifilis kongenital.

c) Kelainan struktur bawaan Misalnya: penyakit jantung bawaan, penyakit Hirschprung, deformitas palatum, palatoschizis, micrognathia, stenosis pylorus, hiatus hernia, hidrosefalus, cystic fibrosis pancreas.

d) Prematuritas dan penyakit pada masa neonatus Pada keadaan-keadaan tersebut pemberian ASI kurang akibat reflek mengisap yang kurang kuat.

e) Pemberian ASI. Pemberian ASI yang terlalu lama tanpa pemberian makanan tambahan yang cukup.

f) Ganguan metabolic. Misalnya: renal asidosis, idiophatic hypercalcemia, galactosemia, lactose intolerance.
 

2. Kwashiorkor merupakan suatu bentuk gangguan gizi dengan penyebab utama penyakit ini adalah akibat defisiensi protein (catzel & Roberts, 1992; sacharian, 1996; staf pengajar ilmu kesehatan anak, 2007).

Kwashiorkor adalah salah satu bentuk malnutrisi protein berat yang disebabkan oleh intake protein yang inadekuat dengan intake karbohidrat yang normal atau tinggi. Dibedakan dengan Marasmus yang disebabkan oleh intake dengan kualitas yang normal namun kurang dalam jumlah.

Kwashiorkor adalah suatu keadaan di mana tubuh kekurangan protein dalam jumlah besar. Selain itu, penderita juga mengalami kekurangan kalori.



Penyebab terjadinya kwashiorkor adalah inadekuatnya intake protein yang berlansung kronis. Faktor yang dapat menyebabkan hal tersbut diatas antara lain:

1. Pola makan

Kurangnya pengetahuan ibu mengenai keseimbangan nutrisi anak berperan penting terhadap terjadi kwashiorkhor, terutama pada masa peralihan ASI ke makanan pengganti ASI

2. Faktor sosial

Hidup di negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, keadaan sosial dan politik tidak stabil, ataupun adanya pantangan untuk menggunakan makanan tertentu dan sudah berlansung turun-menurun dapat menjadi hal yang menyebabkan terjadinya kwashiorkor

3. Faktor ekonomi

Kemiskinan keluarga/ penghasilan yang rendah yang tidak dapat memenuhi kebutuhan berakibat pada keseimbangan nutrisi anak tidak terpenuhi, saat dimana ibunya pun tidak dapat mencukupi kebutuhan proteinnya

Baca juga : Jenis Vitamin yang Larut dalam Air  

3. Marasmus-kwashiorkor, menurut Depkes RI (1999) etiologi dan tanda-tanda marasmus-kwashiorkor merupakan gabungan dari marasmus dan kwashiorkor.

Posting Komentar untuk "3 Jenis Penyakit Akibat Gizi Buruk (KKP), Marasmus, Kwashiorkor dan Marasmus-kwashiorkor"