Ads Header

Tetra Elemen Phospor Pakan Ternak Kaya Mineral



Tetra elemen phosphor berwarna abu-abu, tekstur halus dan bau menyengat. Rumus ransum yang terdiri dari biji-bijian dan sumbersumber protein pada umumnya akan defisien terhadap phospor untuk kepentingan seluruh kondisi fisiologis dalam hidupnya, kecuali kalau ditambah dengan preparat-preparat yang mengandung phospor (Parakkasi, 1983) Calfos Calfos berwarna putih, tekstur halus dan bau kurang menyengat. NaCl NaCl berwarna putih, tekstur kasar dan bau tidak ada. 

Kandungan BK 100%, Cl 60,66%, dan Na 39,34%. NaCl tau garam dapur berfungsi sebagai kondimen atau perangsang nafsu makan. Sifat ini disebabkan karena garam tersebut dapat merangsang sekresi saliva dan mengaktifkan enzim yang terdapat dalam saliva dan diastase lainnya (Parakkasi, 1983) Premix Premix berwarna jingga atau pink, tekstur halus dan berbau apek. Premix adalah campuran dari berbagai bahan sumber vitamin(premix vitamin), atau campuran sumber mineral mikro (premix mineral) aau campuran kedua-duanya (premix vitamin-mineral). 


Penggunaan premix mix di dalam ransum dibatasi yaitu hanya sampai sebanyak 0,5% (Kamal, 1988) Kalsit Kalsit berwarna putih, tekstur kasar dan berbau apek. Karakteristik fisik kalsik adalah berwarna putih atau beruban atau kelabu, berkilap seperti kaca, sifat terhadap cahaya adalah lembut cahaya ke transparan hanya di kristal yang individu, berbuih dengan mudah (Anonim, 2008) Tri Sulfur Phosphat Tri sulfur phosphat berwarna ungu muda, tekstur lembut dan berbau apek. 

Tepung Batu Kapur Tepumg batu kapur berwarna putih kecoklatan, tekstur kasar dan berbau tawar. Kandungan Cl 0,63%, Mg 2,06%, K 0,12%, BK 100%, Na 0,06%, Ca 34%, P 0,02%, S 0,04% dan Fe 0,34%. Tepung batu kapur dapat dibuat dengan jalan menggiling batu kapur menjadi tepung (tepung batu kapur). Sebagai sumber Ca, tepung batu kapur yang halus dapat dicampur di dalam ransum ternak, dan tepung batu kapur yang kasar dapat diberikan tersendiri yaitu tidak dicampur di dalam ransum dan penggunaannya khusus untuk ternak tertentu (unggas) (Kamal, 1998) MBM Coklat MBM coklat berwarna coklat, tekstur halus dan berbau amis gurih. 


Semua macam tepung tulang dapat digunakan sebagai bahanpakan sumber utama mineral Ca dan P di dalam ramsum ternak. Kandungan Ca dan Pdi dalam ketiga jenis tepung tulang adalah sebagai berikut: tepung tulang rebus mengandung 22% Ca dan 10% P, tepung tulang kukus mengandung 35% Ca dan 155 p, tepung tulang arang atau abu tulang mengandung 34% Ca dan 16% P (Kamal, 1988)


Belum ada Komentar untuk "Tetra Elemen Phospor Pakan Ternak Kaya Mineral"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel