Saingi Zoom, Facebook Bikin Aplikasi Messenger Rooms



Fitur panggilan video grup Facebook yang baru, Messenger Rooms, tersedia dan siap untuk bersaing secara global dengan Zoom, Microsoft Teams, Google Meet dan Skype . Fitur ini akan mendongkrak persaingan untuk aplikasi konferensi video yang menjadi semakin populer untuk digunakan karena  pembatasan sosial yang menyebar saat ini karena pandemi coronavirus.

Menurut Facebook, lebih dari 700 juta akun melakukan panggilan suara dan video ke Facebook Messenger dan WhatsApp setiap hari, aplikasi yang dimiliki oleh Facebook. Angka ini telah meningkat di banyak daerah sejak wabah koronavirus.

Orang-orang mulai mencari alternatif untuk Zoom, salah satu aplikasi konferensi video paling populer tetapi diketahui ada masalah dalam keamanannya. Facebook Messenger Rooms dirilis di beberapa negara pada awal Mei sebelum dapat digunakan secara lebih luas di seluruh dunia mulai minggu lalu.

Anda dapat membuat obrolan video melalui Facebook atau Messenger dan mengundang lebih dari 50 orang untuk bergabung dengan panggilan video, bahkan jika mereka tidak memiliki akun Facebook mereka tetap bisa menggunakan layanan ini.

Pengumuman itu diumumkan pada hari Kamis, 23 Juli 2020, ketika Facebook mengatakan bahwa pengguna bisa melakukan streaming dari aplikasi Messenger dan menggabungkannya dengan Facebook Live. Kombinasi ini memungkinkan pengguna untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

"Apakah itu sekedar membuat grup buku dengan teman-teman, wawancara dengan ahli, pelatihan di kelas kebugaran atau hanya mengobrol dengan teman-teman, berbicara di Messenger akan terasa lebih interaktif  ketika terhubung dengan audiens," ujar Facebook.


Streaming dapat dilakukan dari profil halaman Facebook atau grup Facebook. Messenger Rooms berjanji atas perlindungan privasi, mencakup kemampuan dan mengontrol siapa yang bisa melihat "ruangan" dan memblokir atau membuka blokir terhadap akses "ruangan."

Pembuat panggilan dapat mengontrol siapa yang dapat bergabung dan menghapus anggota grup kapan saja. Mereka juga dapat memblokir panggilan untuk menghindari gangguan yang disebut zoombombings. Facebook mengklaim tidak akan memata-matai.

Disaat facebook masih memiliki banyak masalah keamanan dan privasi, CEO Mark Zuckerberg mengatakan secara langsung awal bulan ini bahwa perusahaannya sangat berhati-hati dan belajar tentang bug dari perangkat konferensi video lainnya dalam beberapa bulan terakhir dalam fitur baru ini.

Belum ada Komentar untuk "Saingi Zoom, Facebook Bikin Aplikasi Messenger Rooms"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel