Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa Animasi 2D SMK Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 13

Buku Siswa Animasi 2D SMK Kelas 12 Semester 2 Kurikulum 13

Buku Siswa Animasi 2D SMK Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 13 merupakan salah satu topik wajib dalam paket kompetensi multimedia. Berdasarkan struktur kurikulum, mata pelajaran teknologi animasi 2D disajikan di kelas XI pada semester 1 dan semester 2 masing-masing sebagai pelajaran 4 jam. Pada Semester 1 topik materi pembelajaran menekankan pada prinsip-prinsip dasar animasi, animasi tradisional, animasi komputer, animasi stop motion, manual gambar, pembersihan dan penambahan gambar, animasi key images, dan teknik animasi frame. Pada Semester 2, topik materi pembelajaran menekankan pada interupsi animasi, pembuatan objek untuk aplikasi animasi 2 dimensi, penggunaan lanskap, animasi efek suara, dan bentuk produk animasi 2 dimensi. 

Baca juga : Buku Engine Management System (EMS) SMK Kelas 11

Teknologi animasi 2D adalah sejenis animasi yang halus secara visual. Dari segi teknis ada dua cara yaitu manual dan komputer. Teknik animasi manual atau yang biasa disebut dengan animasi sel merupakan teknik animasi yang memiliki umur paling panjang. Teknik animasi ini memungkinkan animator menggambar gambar pada lembaran seluloid berlapis. Karena kemajuan teknologi, para animator tidak lagi membuat animasi tradisional tersebut di atas lembaran seluloid, melainkan dapat menggunakan kertas biasa, yang kemudian dipindai dan diwarnai di komputer. Teknologi animasi komputer 2D merupakan teknologi animasi yang dibuat dengan alat bantu komputer (software) dan masih bergantung pada kemampuan menggambar lembaran pada selembar kertas. Jadi yang membedakan animasi tradisional dengan 2D CGI (Computer generated images) adalah medianya. Teknik pembelajaran animasi 2D ini menggunakan metode pendekatan saintifik. 

Dalam pendekatan ini, eksperimen berbasis praktikum atau sains adalah bidang pendekatan ilmiah dengan tujuan dan aturan tertentu, yang tujuan utamanya adalah memberikan persiapan yang kuat untuk keterampilan dan landasan teoritis yang realistis untuk fenomena yang kita amati. Jika masalah yang dirasakan menimbulkan pertanyaan yang belum terjawab, metode eksperimen ilmiah harus dapat memberikan jawaban melalui proses logis. Proses pendekatan saintifik melibatkan beberapa langkah : mengamati, berhipotesis, atau mengajukan pertanyaan, menghubungkan atau bereksperimen, mengumpulkan atau menganalisis data, dan berkomunikasi. Proses pembelajaran dengan pendekatan eksperimental pada dasarnya merupakan proses berfikir ilmiah untuk membuktikan hipotesis dengan berfikir logis.

Alhamdulillah telah tersusun buku ajar  Animasi 2D SMK Kelas 12 Semester 2 ini dengan harapan dapat digunakan sebagai buku ajar bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam Kurikulum Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Pakar Teknologi Informasi, dan Teknologi Informasi. Implementasi Kurikulum 2013 mengacu pada paradigma pembelajaran kurikulum abad 21 yang menyebabkan terjadinya perubahan, yaitu dari teaching to learning, dari Teacher Centered Learning menjadi Student Centered Learning, dari pembelajaran pasif (passive learning) menjadi metode pembelajaran aktif (CBSA) atau Active Learning-SAL.

Baca juga : Buku Electrical Aircraft Drawings SMK Kelas 11

Buku Animasi 2D SMK Kelas 11 Semester 2 ini didasarkan pada paradigma belajar mengajar kurikulum 2013, yang diadaptasi berdasarkan model model pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran kurikulum abad 21, yaitu metode model pembelajaran yang didasarkan pada peningkatan keterampilan proses ilmiah. Penyajian buku ajar dengan topik desain animasi dua dimensi ini diselenggarakan agar siswa dapat menyelesaikan proses pencarian informasi tentang isi pelajaran melalui berbagai kegiatan proses ilmiah yang dilakukan oleh ilmuwan saat melakukan percobaan ilmiah (aplikasi saintifik) untuk membimbing siswa menemukan fakta sendiri. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Pengembangan Profesi Sekunder dan Direktorat Jenderal Peningkatan Kualitas Guru dan Tenaga Kependidikan mengucapkan terima kasih serta saran kritis atas kelengkapan buku teks ini dan pujian kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam melengkapi buku pelajaran mata pelajaran secara lengkap. Teknologi Animasi 2 Dimensi Kelas XI / Semester 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

 

Klik disini untuk download

Atau baca langsung dibawah ini

Posting Komentar untuk "Buku Siswa Animasi 2D SMK Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 13"