Anak yang Bisa Berpakaian Sendiri adalah Titik Penting Psikologis

Masa tumbuh kembang anak

Perkembangan anak merupakan tahapan yang tidak bisa lepas dari perhatian orang tua. Ini termasuk bagaimana anak mulai belajar cara berpakaian secara mandiri. Usia dua tahun merupakan waktu yang tepat untuk mengajari anak berbagai kecakapan hidup.

Misalnya dengan membantu mengembangkan keterampilan motorik. Selain itu, mengajari anak memakai pakaian sendiri meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri. "Seorang anak yang bisa berpakaian secara mandiri adalah momen psikologis dan emosional yang penting," kata Karen Raskin, psikiater, LMFT, terapis keluarga yang berbasis di Sharon, Massachusetts, seperti dilansir Parents.com.

Baca juga : Guru adalah Pembentuk Karakter Generasi Penerus Bangsa

Pilihan untuk memakai pakaian secara mandiri menunjukkan bahwa mereka termotivasi untuk bersikap mandiri, menurut laporan di halaman web tersebut. Berpakaian sendiri menunjukkan bahwa anak ingin menguasai berbagai keterampilan. Hal ini dikemukakan oleh Emily Austin, seorang dokter di Ann & Robert Lurie Hospital di Chicago. 

Keterampilan ini meliputi:

 

1. Ketrampilan motorik kasar 

Mengangkat lengan dan kaki secara terkoordinasi ke lengan kaos/baju dan celana kemudian diiringi berlatih melepas baju/kaos dan celana merupakan ketrampilan motorik kasar yang baik dan perlu untuk selalu dilatih.

2. Keterampilan motorik halus 

Kendali jari atas benda-benda kecil (gesper, kancing, ritsleting dan ikat pinggang). Biarkan anak-anak berlatih dengan benda-benda kecil karena hal seperti ini merupakan ketrampilan motorik halus yang sangat bermanfaat untuk tumbuhkembang otak anak.

3. Kemampuan kognitif otak 

Pahami bagaimana anak Anda mengenakan pakaian secara mandiri dan perhatikan bagaimana anak mampu memilih pakaian mereka sendiri sesuai kebutuhan suhu panas atau suhu dingin lingkungan sekitar yang saat itu dia rasakan. Misalnya memilih pakai jaket ketika suhu diluar dingin, atau memakai pakaian biasa ketika suhu udara disekitar terasa agak panas.

Anak bisa berpakaian sendiri

Hal-hal sederhana seperti ini sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan otak anak-anak anda ketika mereka sedang tumbuh dan berkembang. Perhatikan tindakan mereka serta latih kemampuan motorik otak anak anda dengan baik. 

Baca juag : Strategi Belajar Mengajar yang Nyaman di Masa New Normal

Dampingi anak-anak di masa keemasan mereka, yaitu ketika anak-anak anda masih kecil dan sedang dalam pertumbuhan. Dengan hal kecil seperti ini mereka akan terlatih menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

Belum ada Komentar untuk "Anak yang Bisa Berpakaian Sendiri adalah Titik Penting Psikologis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel