Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Nilai eRapor SD, SMP, SMA, SMK, Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013



Halo, kawan pendidik! Kali ini, admin ingin berbagi sebuah file pendidikan yang akan sangat berguna bagi guru maupun wali kelas dalam menjalankan proses penilaian menggunakan aplikasi eRapor.

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan oleh seorang guru dalam menilai adalah menyusun format nilai. Dengan memiliki format ini, guru akan lebih lancar saat memasukkan nilai ke dalam aplikasi eRapor.

Saat ini, di lingkungan sekolah, kita mengenal penggunaan kurikulum merdeka dan Kurikulum 2013. Ada sekolah yang sudah beralih ke kurikulum baru, ada yang masih mempertahankan yang lama, bahkan ada yang menggunakan keduanya.

Namun, bagaimana cara melakukan penilaian?


Penilaian pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka hampir serupa. Di luar nilai dalam rapor, siswa juga dinilai untuk profil pelajar Pancasila, baik pada Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka.

Aplikasi eRapor kini memudahkan guru dalam menginput nilai akhir saja. Nilai harian, tugas, UTS, dan nilai akhir semester dinilai secara individu oleh guru. Hasil akhirnya yang akan dimasukkan ke eRapor.

Selain format nilai, tujuan pembelajaran juga perlu disiapkan oleh guru. Tujuan pembelajaran harus disesuaikan dengan mata pelajaran yang diajarkan.

Di artikel ini, admin ingin berbagi format penilaian yang memudahkan guru saat menginput nilai di aplikasi eRapor. Admin sudah menyediakan satu format yang bisa digunakan guru untuk mempermudah proses penginputan nilai.

Format penilaian yang admin bagikan ini memiliki kolom nilai akhir dan tempat untuk menuliskan tujuan pembelajaran. Semua data yang dimasukkan bisa disesuaikan dengan data siswa di sekolah masing-masing.

Format nilai yang disiapkan admin tersimpan dalam file Excel, sehingga mudah digunakan dan diedit sesuai kebutuhan.

Format nilai versi eRapor dari kami bisa digunakan untuk guru di SD, SMP, SMA, maupun SMK. Penggunaannya sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dan data di sekolah masing-masing.

Bagi yang membutuhkan file format nilai untuk eRapor, silakan unduh format penilaian versi eRapor di link berikut:

Format Nilai eRapor - (DISINI)

Demikianlah informasi dari admin mengenai format penilaian untuk penginputan di eRapor. Semoga file yang dibagikan dapat membantu aktivitas para guru dalam melakukan penilaian di aplikasi eRapor.

Posting Komentar untuk "Daftar Nilai eRapor SD, SMP, SMA, SMK, Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013"