Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Manajemen Logistik Rumah Sakit dan Peranan Logistik Dalam Bidang Organisasi


Pengertian Manajemen Logistik


Proses logistik berhubungan dengan aktivitas kehidupan sehari-hari baik secara langsung maupun tidak langsung, aktivitas ini berhubungan penting dengan masyarakat, organisasi, industri dan juga secara individual, maka diperlukan manajemen di bidang logistik.

Baca juga : Diabetes Melitus, Gejala Klinis Tipe 1 dan 2  

Menurut Lumenta dalam Yazid (2004), istilah logistik dalam lingkup rumah sakit merupakan sub sistem dan menjadi lebih sempit, yakni :

a. Suatu proses pengelolaan secara strategis terhadap pengadaan, penyimpanan, pendistribusian serta pemantauan persediaan bahan serta barang yang diperlukan bagi produksi jasa rumah sakit.

b. Bagian dari rumah sakit yang bertugas menyediakan barang dan bahan yang diperlukan untuk kegiatan operasional rumah sakit dalam jumlah, kualitas dan pada waktu yang tepat sesuai dengan harga efisien.

Mengacu pada berbagai pengertian manajemen logistik, penulis berpendapat bahwa manajemen logistik merupakan proses pengolahan perbekalan dengan jumlah, kualitas dan pada waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan dengan harga efisien.

Manajemen logistik berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan aliran dan penyimpanan barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumtion) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan (Miranda dan Tunggal, 2005).


Peranan Logistik Dalam Bidang Organisasi


Menurut Miranda dan Tunggal (2005), sekarang ini manajemen logistik yang efektif dikenal sebagai kunci elemen dalam pengembangan keuntungan dan hasil yang kompetitif dari perusahaan. Bersamaan dengan keefesienan dan keefektifan operasional, orientasi pemasaran menyediakan kesempatan memperoleh keuntungan yang kompetitif pada organisasi.

Posting Komentar untuk "Pengertian Manajemen Logistik Rumah Sakit dan Peranan Logistik Dalam Bidang Organisasi"